Derawanpart1_Pemenang Yang Beruntung

Masih fresh di otak. Gue akan ceritain jalan-jalan gue kemarin ke Derawan...
Gue termasuk orang yang sangat beruntung. Dimulai dari sebuah repost hoki2an. Gue memang follow ig @indonesia_paradise. Karena kebetulan gue pernah ikut meet and trip nya @indonesia_paradise (ceritanya akan gue ceritakan di bab-bab selanjutnya). Jadi bisa dibilang gue kenal sama para admin nya. Dan beberapa kali memang suka nanya2 ke admin nya ttg harga tour ke sana sini. Trus waktu itu sempat mau ikut event meet and trip selanjutnya, tp karena berhalangan jd ga bisa ikut hiks.

Jadi saat itu, gue liat @indonesia_paradise buat post meetandtrip05 gratis ke Derawan. Waaahh gue uda lama banget kepengen ke Derawan tapi ga pernah kesampean.

Gue inget banget, lihat post itu di tanggal 26 Maret 2016, dan habis baca itu langsung gue repost! Gue ikutin setiap langkah-langkah persyaratannya. Langsung bikin blog! Walaupun blm ada isinya hehe.
Dan eh dannnnnn.. Sekitar jam 11 malam email gue dibalas langsung sama Kak Harry dari @derawanfisheries!!!!!

Pas baca balesan emailnya.... WAAAAA gue teteriakan ga jelas. Senang minta ampun. Ternyata gue kepilih jadi peserta!!! Gue sampe chat personal ke si Kak Harry, dan ternyata bener! Gue terpilih!! Langsung deh gue sebar ke mana2 beritanya, biar yang lain bisa ikutan hoki kayak gue.
Pertengahan menuju akhir April, info tanggal acara berubah dari tanggal 26 Mei - 29 Mei 2016 menjadi tanggal 12 Mei - 15 Mei 2016. Untung gue blm beli tiket hehe. Setelah dipastikan tanggal 12-15 Mei 2016 sudah fix, sekitar di awal Mei gue cussss beli tiket. Sebelum beli tiket gue sempat berkenalan sama salah satu peserta lain via Line, nama nya Enni. Dan dia kasih info kalau tiket.com lagi ada promo. Jadilah gue beli tiket Garuda dg penerbangan paling pagi menuju Berau. Jam 5:00 WIB berangkat, sampai di Berau jam 10:00 WITA. Tiba2 ada tawaran dari Kak Harry, "Mau ke Labuan Cermin ga? Kalau mau harus extend 2 hari lagi." Dan yes, gue pikir sekalian ke sana, ya udalah sekalian aja dihajar. Jadwal tiket gue reshcedule! Tadinya pulang ke Jakarta tanggal 15 Mei 2916, gue ubah jadi tanggal 17 Mei 2016 dg flight 17:25 WITA dari Berau. Sampai di Jakarta jam 21:00 WIB.

Waktu terus berjalan. Akhirnya terpilih 20 peserta. Ditambah dari 16 menjadi 20. Dan grup via WA juga sudah dibuat. Kami semua berkenalan dan mulai akrab walupun belum bertemu satu sama lain. Hari-hari menuju hari H sangat ditunggu2. Ga sabar, mau cepet2 jalan ke Derawan. Sampai hari H pun tibaaaaaa....

Tanggal 12 Mei 2016
Ada 4 orang lain yang satu maskapai dengan gue. Kak Vira, Enni, Ica, dan Maya. Pertama kali gue ketemu dengan Kak Vira di bandara. Dan gue pesan seat bersebelahan dengan Kak Vira. Sempat mengobrol sedikit2 tentang travelling. Pengalaman gue kalah jauhhhh dibanding kak Vira *master. Dia sudah lebih banyak berpetualang. Senang dengarnya, karena secara ga langsung itu menambah wawasan gue. Pesawat kami sempat transit dulu di Balikpapan. Setelah itu berlanjut dg pesawat yang lebih kecil menuju Berau.

View Balikpapan dari atas

Finally sampai juga di Berau. Langsung disambut dg tim dari Derawan Fisheries.. Kak Harry (@derawanfisheries) sbg tuan rumah, Kak Angga admin dari @indonesia_paradise (udah kenal sih hehe), Kak Daniel (@gembelyahud) seorang tour leader, dan Kak Ringga (@jungleman.daily) yang akan mendampingi hari2 kami selama trip. Dan akhirnya berkenalan mata ketemu mata dengan peserta-peserta lainnya!! Senangnyaaaaa.. Pas masuk bus, ketemu sama tim fotografer dan videografer. Mereka yang akan meliput kegiatan kami selama 4D3N di Derawan. Saling berkenalan, bercanda-canda sedikit, dan dibawa ke rumah Bupati Berau. Loh?!?! Bingung kan.. Awalnya gue sempet bertanya-tanya dan takjub! "Gile niat abis trip kayak gini sampe disambut sama Bapak Bupati". Ga tau asal usulnya kenapa, tetap ikuti acara sesuai dg tuntunan Kak Harry. Akhirnya sampai di rumah Bupati. Kami sempat disuruh ber-action untuk ambil syuting di rumah Pak Bupati. Selesai makan, bersalam-salaman dg anggota Pak Bupati dan Beliau (Pak Bupati itu sendiri), foto bersama, lalu cusssss ke Pelabuhan Tanjung Batu.

Makan bersama Bapak Bupati
We start our journey~~~~
Sudah dikasih tahu sebelumnya, kalau perjalanan Berau-Tanjung Batu bisa memakan waktu 3-4jam. Okeh. Gue uda siapin mental jalan jauh kok. No problemo! hehe. And GO!
Selama setengah perjalanan gue habiskan untuk ngobrol dg peserta lainnya. Dengan "menikmati" perjalanan. Wah itu sih jalanan berasa jauh banget. Walaupun uda siapin mental, tetep berasa bho hahaha. Pemandangan kanan kiri cuma hutan bekas terbakar. Jalanannya berkelok-kelok dan setengah rusak. Yang bagian rusaknya itu ga tanggung2. Lobang yang besar-besar sampai buat bus kami bergoyang lebay! Sangat tidak nyaman.

View selama perjalanan Berau - Tanjung Batu

Sangat sayang, satu2nya jalan darat Berau-Tanjung Batu tidak begitu nyaman. Padahal Derawan kan merupakan salah satu penghasilan pariwisata. Seharusnya pemerintahan dapat membuat akses-akses ke objek wisata yang nyaman dan dijaga. Setelah gue perhatikan, sepanjang perjalanan selama 4 jam, gue cuma sempat lihat 1 pom bensin. Dannnnn, gue mikir aja dalam hati, "Waduh kalau seandainya gue mau balik lagi ke sini dan bawa mobil sendiri, agak berbahaya juga nih. Keadaan bensin mobil HARUS fulltank! Kalo ga bisa mogok kehabisan bensin di tengah 'hutan'." Mungkin ini salah satu masukan lagi untuk pemerintah, agar bisa disediakan spot-spot pom bensin yang memadai.

Setengah perjalanannya lagi gue habiskan dg TIDUR hahaha. Karena kuakui, gue lelah banget bho. Karena malam sebelumnya kurang tidur untuk mengejar flight pesawat pagi-pagi buta. Tidurnya pun tidur-tidur ayem. Karena gujlak gajluk dari perjalanan dg jalan yang rusak.
Dan setelah 4 jam..... Sampai juga di Tanjung Batu. Legaaaa.. Lurusin pinggang, kaki, dan goyang2 pantat hihihi.

Pelabuhan Tanjung Batu

Sudah disediakan speedboat untuk rombongan kami. Senangggggg.. Siap berangkat ke Derawan.

Keadaan dalam speedboat
Katanya perjalanan ke Derawan membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Tanjung Batu. Perjalanan bener-bener ga terasa. Karena perasaan senangnya uda meluap-luap hehehe. Angin sore laut yang sangat menenangkan hati. Membuat gue jadi semakin menggebu-gebu ga sabar mau cepat sampai Derawan..

1. Apalagi pas perjalanan pulangnya, sha. Aku di kursi belakang banget mobil, kelempar lempar saking uwow nya itu jalanan

1. naik avanza sih yah? haha! ak naik mobil bareng kak Harry anteng2 saja hihihi

2. Kalau aku, ka Vera, ka Hanny, bg Wow, bg Ali Dethabdan Darius mah tidur anteng2 aja, wong mobil pribadi dan bayar. 😂😂😂😂😂
    *guling2*

1. mobil pribadi akibat kecerobohan satu pihak yah 😂😂😂

3. Kalo aku sepanjang perjalanan ada yg ngebangga banggain berau di banding tarakan 😂😂😂😂 *sopir yang menyebalkan*