Malam Pertama di Derawan

Sore itu, 12 Mei 2016 sekitar pukul 17:30 WITA, kami rombongan meet and trip sampai di Derawan. Kami diturunkan tepat di depan Derawan Fisheries. Amazed! Kedatangan kami disambut dg sunset yang lembut dan indah!



View sunset dari dermaga
Dan ga cuma itu aja, ternyata Kak Harry sudah menyiapkan performa sambutan yang sooooooooooooo lucu dan hangat! Kami disambut dg tarian khas Dalling dan Singsing. Heboh! Rombongan kami diajak untuk menari bersama. Wah seruuu!! Yang menari anak-anak sekitar umur 12 tahun. Luwes bangettttttt.. Gue ga bisa ikutin gayanya seluwes mereka hahaha..

Tarian khas Dalling dan Singsing sebagai penyambut kedatangan kami
Jajaran resort yang nyaman dilihat mata dan buat ingin cepat-cepat masuk dan istirahat di dalamnya. Eitss ga secepat itu, karena gue dan rombongan langsung cusss ke bagian dermaga sunset point. Mau menikmati indahnya sunset. Setelah puas dan kamar udah selesai diberesin, kami langsung deh berbagi kamar sendiri.
Ingat kan akan kebingungan gue waktu baru sampai di Berau? Grup gue langsung dijamu makan di rumah Bupati Berau itu lho. Ternyata oh ternyata ada beberapa oknum dari pemerintah yang ikut dg rombongan kami ke Derawan. Dan gue ga sadar akan hal itu. Kak Harry sudah menyediakan jumlah kamar yang pas untuk kami. Seharusnya 1 kamar diisi dengan 2 orang, yaa maksimal 3 orang lah. Tapi karena para oknum itu dadakan ikut ke Derawan, dan mereka langsung "menyerobot" ambil 2 jatah kamar, alhasil kami para peserta jadi korban. 1 kamar diisi 4 peserta. Walaupun luasan kamar tetap nyaman diisi dengan 4 orang, tapi tetap saja itu risih terdengar di telinga. Dan gue baru dikasih tahu, yang katanya bus itu merupakan sebuah fasilitas yang ditawarkan dari pemerintah untuk kenyamanan kami, ternyata para oknum menagih uang ke Kak Harry. WHAT?!?!?! Berita macam apa lagi ini?? Kasian banget Kak Harry.. :( Tapi ya sudahlah.. Gue mau coba untuk ga memikirkan itu. Karena cuma memancing emosi dan ga worth it untuk dipikirin!! Hmmmpphhh!!!!! Cukup tau ajeeeee.......

Setelah mandi dan beres-beres tas, kami dipanggil untuk makan malam di bagian "restoran" Derawan Fisheries. And WOW!! Ada lobster bho!! Jamuan makanan yang super sekali pemirsa!! 

Masakan lobster
Jujur deh, seumur-umur gue belum pernah makan lobster hahaha.. 24 tahun belom pernah cicip lobster! Ngenesssss.. Sekali nya ngeliat lobster langsung kalab! Pengen buru-buru makan! Enaaaakkkkkkkkkkk!!! Dagingnya kenyal dan manis! Gile.. Image di bayangan gue tentang lobster ga salah! Thank you Kak Harry, sudah membuat saya pertama kali coba lobster di tempat kau!! hahaha.. Trus ada juga kayak semacam sate cumi gitu. Rasanya unik, kenyal dan bumbunya lebih ke arah manis. Enak! 


Ahhh.. Semua sajian makanan di sana enak-enak deh pokoknya.. Masakan ikannya enak, sate cumi nya enak, lobsternya juara, dll. Dannnnn.. Kami disajikan juga makanan khas Derawan. Semacam cemilan gitu, tp dikemas dengan unik. Tehe-tehe namanya. Konon kata Kak Daniel (bagian dari tour leader kami), sudah berkali-kali dia datang ke Derawan ga pernah disajikan Tehe-tehe. Sekalipun dia minta, ga pernah tuh dibikinin hahaha. And now, Kak Harry menyediakan buat kami. What a service!
Tehe-tehe itu isinya ketan. Yaa seperti masakan ketan pada umumnya.. Tapi dikemas dg unik. Sekilas keliatan kayak kaktus bulat gitu yah. Tapi ternyata itu cangkang bulu babi lhooo! Bulu babi yang tajam-tajam itu, dikikis sedemikian rupa dan tadaaaaa.....

Tehe-tehe
Sumber : https://www.google.com/search?q=tehe+tehe&biw=1440&bih=838&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjUx-3uwurMAhUHMo8KHVF-BOcQ_AUIBigB#imgrc=7ZCB8Cqn-y286M%3A
Sayangnya gue ga foto. Jadi ambil image dari mbah google deh hehe. Cara bukanya kayak buka salak. Setengah ditekan dan disobek. Lalu dikupas deh pelan-pelan. Gurih dan enak ketannya. Inilah makanan khas Derawan... Unik yah!

Ada tragedi kesedihan buat gue di MALAM PERTAMA DI DERAWAN... :(
Ceritanya gue uda mau tidur. Uda selimutan nih di ranjang. Teman-teman sekamar gue juga uda selimutan. Uda siap tidur deh pokoknya. Itu sekitar pukul 11 malam WITA. Waktu makan malam gue ngobrol ke sana sini kan. Nahh ada teman grup gue namanya Diyan (@dee_explorer), dia jago banget foto milky way. Itu lho foto garis bintang yang luar biasa. Gue minta dia untuk ajarin gue foto itu. Jadi saat gue mau tidur, dia chat di grup dan panggil gue untuk foto di dermaga sunset point. Langsung meluncurrrrrr ke sana dg bawa kamera. Gue ga bawa tripod, dan ada teman juga di situ, Kak Aqied (@aqied), yang belajar foto milky way. Dia ikhlas pinjemin tripod nya ke gue. Jadi sementara gue pake.
Ajaran pertama dan hasil jepret pertama, WOW BAGUS BANGETTTT!!!! Ketagihan donk. Langsung cari angle lain. Dan gue ambil angle di pojokannnnn banget. Biar dapet view dan hasil yang lebih bagus. Waktu gue tinggalin kamera gue, berbalik badan, melangkah 2 langkah, tiba-tiba.... "JEBURRRRRRRRRRRRRRR.............." KAMERA GUE TERJUN BEBAS KE AIR LAUT!!!!!!!!!!!!!!!!!
Oh man.. Itu gue sempet speechless.. Bingung! Akhirnya gue lelarian ke depan untuk cari orang nyebur ke bawah. HIKS. Pas gue lewatin kamar di salah satu resort situ, tiba-tiba ada yang keluar, 
mas : "Siapa yang kecebur, mba?"
gue : "Kamera saya massss!!!! Bisa tolong ambilin ga?!?!"
mas : "Waduh. Bentar yaa saya ambil snorkle dulu.."

Gue tetep lari ke depan untuk cari air tawar. Dan masih ada beberapa orang yang duduk-duduk ngobrol di situ.
gue : "Kakkkk.. Mau cari air tawar di mana??? Kamera ku kecebur ke lauttttt!!!"
Ini gue ngomong uda ga mikir deh. Padahal bisa aja gue ambil air sendiri di westafel. Tapi gue malah nanya ga jelas -____-
Ada tim videografer, Kak Erwin, dia langsung berdiri dan nanya ke gue,
erwin : "Di mana???"
gue : "Di sana kakkk!!!"
Gue dan Kak Erwin langsung menuju ke dermaga TKP. Ga lama si mas yang berjanji mau nyebur ke bawah keluar dari kamar dan dia langsung nyebur.. Finally kamera gue terangkat dari air. Kak Erwin langsung buru-buru pretelin bagian-bagian kamera. Case dilepas, lensa dilepas, batre dilepas, trus langsung dikiprik-kiprik biar air yang di dalam kamera keluar. Trus menuju ke tempat nongkrong-nongkrong tadi. Gue layaknya sang ibu yang khawatir akan keadaan anaknya. Gue ikutin ke manapun kamera gue dibawa. Dialirin air tawar, dikiprik-kiprik lagi, dan terakhir Kak Erwin ngomong,
erwin : "Kamu ada hair dryer ga?"
gue : "Ga ada kak. Tapi temen kamarku ada. Bentar aku ambil.."
Ketidaksopanan gue muncul di situ, gue langsung ambil itu hair dryer tanpa ijin *maafkan saya Rosa*. Tapi besok paginya gue bilang kok..
Balik lagi ke kak Erwin dg bawa hair dryer.
gue : "Nih kak.."
erwin : "Udah.. Sekarang kamu tidur aja. Serahin ke aku. Nanti ak coba cuci dan keringin pakai hair dryer. Tapi kamu jangan berharap banyak yah. Karena biasanya kalo kamera kena air laut itu uda byebye. Kemungkinannya kecil untuk bisa bener lagi. Saranku sih, nanti kamu service, habis itu langsung jual. Karena air laut efeknya jahat.."

Dalam hati gue, gileeee ini cicilan kamera belum selesai! Umur baru 6 bulan... Dan sekarang harus rusak?!?! What the?!?!?! Malam itu, berasa tidur gue yang paling tidak nyenyak. Di ranjang cuma bisa berteteskan air mata :( Dan say byebye ke kamera.
Berharap ada keajaiban di tangannya Kak Erwin. Semoga.....

No comments:

Post a Comment