Trip 3 pulau, Kelor, Onrust, Cipir, di Kepulauan Seribu

Mau pacaran di pinggir pantai, biar romantis ala-ala gituuu.. Tapi ga mau yang buang banyak waktu dan buang banyak duit! Bisa sih ke pantai Ancol, tapi uda agak males sama lingkungannya yang kotor.. Jadiiii.. Teringatlah sama trip 3 pulau ini. Yang harganya ga jauh-jauh dari angka 100ribu.. 100ribu! Kurang murah apalagi?? Kali ini gue trip bareng RaniJourney (hasil searching-searching di mbah Google). Total peserta ada 31 orang. Harganya jadi 95rb/pax uda include makan siang. Hajar!!

H-1 gue dihubungi sama pihak tour nya, yang namanya Taufik. Dibikin grup, perkenalan singkat di grup, dan ditentukan meeting point di Masjid Nurul Bahar jam 7.30. Hari H tiba.. Gue memutuskan untuk naik Uber aja dari rumah, karena katanya di sana itu tempat pelelangan ikan. Ga kebayang akan taro mobil hampir seharian di tempat pelelangan ikan. 1 jam perjalanan dari rumah, dan akhirnya sampai! Ternyata ada sih tempat parkir mobil, tapi jumlahnya tergolong sedikit. Karena tempat parkir mobil di sini itu agak "maksa". Lapangan rumah warga yang dijadikan tempat parkir.

Pelelangan ikan
Yesss! Ini melewati tempat pelelangan ikan yang super becek. Beneran becek parah. Dan aroma amis tercium di mana-mana. Mobil ga boleh masuk lebih dalam, jadi gue+sang pujangga hati *cieelahh* jalan kaki menuju Masjid Nuhul Bahar. Foto yang diambil super blur, karena gue ambil fotonya buru-buru. Abis langsung diceng'in ama abang jualan ikan.. Kan jadi malu buat ambil foto lagi hehehe.. Kalo nyokap ngeliat ikan di kanan kiri begini, dia pasti langsung kalap. Katanya sih harganya tergolong murah, karena bersebelahan langsung ama si laut.

Menuju ke Masjid ini agak ambigu. Kalo liat waze sih disuruh lempeng aja, tapi tetiba di depan jalannya kepecah jadi 2. Kanan: ke arah semacam gedung gitu, kiri: ke arah gang perumahan. Malu bertanya, sesat di jalan. Jadi gue tanya aja deh ke abang ikan.
"Naek ke gedung itu, neng. Terus turun lagi, belok ke kiri. Lurus terus aja dah abis itu."
Gue ikutin petunjuk si abang. Naik ke gedung bukan berarti naik ke lantai 2. Maksudnya, untuk ke lantai dasar gedung itu ada anak tangga yang harus dinaiki sekitar 3 step. Di situ padat sekali orang-orang yang keliatannya mau trip ke pulau juga. Telusurin aja (lurus terus) sampai keliatan ada anak tangga turun. Turun di situ dan u-turn ke kiri. Ga lama akan ketemu Masjid Nurul Bahar di sebelah kiri.

Menuju Masjid Nurul Bahar
Lingkungannya agak terlihat kumuh. Pinggiran lautnya banyak sekali keliatan sampah. Maklum, ini pemukiman penduduk sih yah. And here we are, Masjid Nuhul Bahar..


Bahkan lantai masjid nya pun sampai licin semi lengket. Karena di pinggiran laut banget kali yah. Gue sampai di sana ontime. Ketemu sama Mas Taufik, ngobrol-ngobrol sebentar, dan tinggal tunggu peserta lain sampai deh. Mas Taufik terlihat supel, karena dia samperin satu persatu anggota grup dan ajak ngobrol. Ada peserta yang ngaret, jadi baru siap berangkat jam 8.30.

Kapal yang digunakan
Kapal yang digunakan cukup besar. Bisa muat untuk kapasitas 35 orang. Cussss deh jalaaaannn.. Tapi, si kapal jalannya cukup lama haha. Kayaknya cuma 5km/jam. Selama perjalanan di laut, banyak banget tambak-tambak. Sejauh mata memandang, keliatan tambak sampe ke ujung-ujung. Gue tanya lah ke si bapak nahkoda.
"Itu tambak kerang ijo, de. Banyak yang punya. Ada yang punya 5, 8, 1 doang juga ada."


Tambak kerang ijo
Ada tambak yang terlihat lebih besar. Tapi intinya sih sama-sama tambak kerang ijo. Pantes yah suka ada yang jualan kerang ijo di sepedaan gitu. Karena hasil tambaknya banyak bangetttttt.
Dari dermaga (Muara Kamal) dekat masjid menuju Pulau Kelor, memakan waktu hampir 1 jam. Yaa karena itu tadi, kapalnya berjalan dg selow melow hehe.. Sebenernya jarak dari dermaga ke Pulau Kelor sangat dekat. Tergantung transportasi apa yang digunakan. Most of all sih pakai kapal kayu ini yah..

Dermaga Pulau Kelor
Pantai Pulau Kelor
Gue dateng ke sini pas lagi ruameee banget.. Sayangnya air lautnya ga gitu jernih. Tapi ga membuat sedikit orang yang main-main air di pantai. Dari awal gue memang ga berniat untuk main air, jadi nontonin mereka yang main air aja. Ada benteng bersejarah di sini, bekas peninggalan Belanda. Benteng Martello namanya. Bentengnya masih bagus. Walaupun uda miring, tapi masih kokoh. Di sini tempat prewed nya Rio Dewanto dan Atiqah lhoo.

Benteng di Pulau Kelor
Inside Benteng
Buat foto-foto di sini memang bagus. Background bangunannya ini terlihat hidup. Warna dan materialnya juga bagus. Yaaaa bagus lah pokoknya hehehe. Karena bagus, gue sangat berniat banget buat naikin si lobang-lobang "jendela" nya. Biar dapet fotonya makin oke. Tapi.....


DILARANG!
Jadi yaaaa... Ga jadi naik deh.. Si tempelan kertas ini ada di mana-mana lho. Di dinding benteng ada, di pohon ujung sebelah sana ada, dan di pohon sebelah sini ada. Dengan berat hati harus menaati peraturan yang ada.

Di sini ada jasa untuk ke Pulau Onrust.
Kalau teman-teman yang tadinya berniat ke Pulau Kelor doank, bisa berlanjut dg nambah biaya kayak gini..





Dikasih waktu 1 jam untuk explore pulau ini. Setelah 1 jam, capcuss ke Pulau Onrust deh. Dari Pulau Kelor ke Pulau Onrust makan waktu sekitar 20 menit. Apa ga nyampe yah? hehe. Gue sempet ketiduran di kapal karena hawa nya puanas banget. Naik kapal berasa adem dan angin seliwir-seliwir, kepulesan deh..


Sesampainya di dermaga Pulau Onrust, ada semacam "tempat parkir" untuk kapal di dekat dermaganya. Ruameeee banget. Kalo mau keluarin kapal, kayak parkirin mobil beneran gitu hehehe.


"Tempat parkir" kapal
Di Pulau Onrust berasa banget hawa sejarahnya. Gue agak menyesal ga baca sejarahnya dulu ttg pulau ini. Hmm karena memang niat nya mau weekend gateaway aja. Tapi pas sampe sini, berasa wajib banget tau sejarahnya.. Untuk tau sejarahnya bisa liat di sini.

Pulau Onrust

Bekas Rumah Sakit

Bekas Barak Karantina Haji
Bangunannya sudah sangat tidak ada bentuknya. Cuma ada sisa-sisanya aja. Cuma ada plang yang menjelaskan ini bekas rumah sakit lah, karantina barak hajilah, dll. Yang suka sejarah pasti seneng ke sini. Karena beneran deh, hawa sejarahnya masih berasa banget. Ada 1 rumah yang dijadikan sebagai museum. Katanya sih rumah ini masih utuh dari jaman dulu sampe sekarang. Yaa beberapa perawatan aja biar msh kokoh berdiri.

Museum
Dalam Museum
Maket Pulau Onrust
Dalam Museum
Di dalam sini dijelaskan sejarahnya Pulau Onrust. Kebetulan gue masuk pas orang-orang grup gue uda pada keluar. Hhhiiiii serem.. Ga betah lama-lama di dalem. Jadi ga sempet baca sejarahnya satu-satu.
Ada juga peninggalan kuburan orang Belanda. Kayak di dalam 1 komplek sendiri gitu. Walaupun siang bolong, tetep berasa serem soalnya itu kuburan..

Komplek Makam Belanda
Isi Komplek Makam Belanda
Bentuk Kuburan Belanda
Dan ada lagi kuburan keramat. Ini aja ambil foto buru-buru sambil ucap permisi. Wah kuat banget deh sejarah-sejarahnya. Pulau penuh peninggalan bangettttt. Cuma di pinggiran pantainya aja yang berasa damai sentosa. Karena jauh dari kuburan dan bekas bangunan bersejarahnya hahaha.



Makam Keramat
Di pulau ini kami segrup dikasih makan siang. Nasi+ayam kuning+sayuran yang dimasak kuning. Siang-siang uda kelaperan banget, ahh jadi bahagia dikasih makanan. Ada warung juga di sini. Jadi jangan khawatir kelaperan di tengah pulau. Yang penting lagi, ada yg jual KELAPA! Wajib minum aer kepala di pulau. Harganya agak digetok nih, 18rb/batok. Tapi bodo amat deh. Gue males nawar hehe.


Oh iya, di sekitaran pinggiran pulau ini banyak banget yang mancing. Sampai dibuat beberapa bangunan khusus di pinggiran pantai untuk tempat berteduh para pemancing.
"Rumah" untuk pemancing
Selesai makan, lanjutttttt ke Pulau Cipir. Memang 3 pulau ini saling berhubungan sejarahnya. Di Pulau Cipir ini masih ada bangunan yang sedikit terlihat wujudnya. Buat foto-foto juga bagus nih.
Gue uda kecapean dan kekenyangan dan kepanasan, jadi ga fokus perhatiin sejarahnya. Intinya buat kepuasan foto-foto cukup oke lah hehehe.

Pulau Cipir
Bisa foto dg komposisi yang lucu-lucu
Di sini ada warung makan juga. Jadi ga perlu khawatir mulut iseng ga ada yang ganjel.

Warung makan
Sudah puas santai-santai, foto-foto, keliling-keliling, jam 15.00 kami jalan balik deh. Perjalanan menuju dermaga Muara Kamal sekitar 40menit. Dan.... Selesai sudah trip ke 3 pulau.
Thanks Mas Taufik, sayonara.

Nah nah! Suasana di pelelangan ikan tadi berubah drastis sama sore ini. Sekarang sepiiiiii, dan jalanan uda lumayan kering, ga becek. Uda ga ada yang teriak-teriak lagi. Beda banget deh pokoknya hehe.


Pelelangan ikan di sore hari
Buat kalian yang tinggalnya masih di daerah Jakarta, banyak banget mobil omprengan yang antri. Jadi bisa pulang naik mobil omprengan dengan biaya yang ga gitu mahal.
"Yoookkk Rawa Buaya Rawa Buaya!!"
"Yoookkk stasiun stasiunnnn!!"
Sayangnya ga ada omprengan ke Tangerang. Alhasil tetep panggil Uber deh. 


Bakso Mas Gondrong
Sambil tunggu Uber dateng, gue makan Bakso Mas Gondrong dulu.. Penutup yang baik untuk mengakhiri trip gue hari ini..

Buat kalian yang mau pakai tour ini untuk trip 3 pulau bisa liat di www.ranijourney.com. So far ini harga termurah daripada tour-tour lain, include makan siang, dannnn service nya memuaskan. Ga cuma trip 3 pulau sih, dia ada paket tour ke pulau-pulau lain dg harga miring.
Untuk CP : 0813 1005 2050

4 comments:

  1. Onrust katanya bersejarah, sejak jaman Belanda dulu.. Menarik tp kebayang gmn hrs ngelewatin pasar ikan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah dyah.. hawa sejarah bngt.. sayangnya ke sana malah pas ga ngerti sejarahnya sm sekali :D pasar ikan sih buset deh, mantep buat belanja hehe

      Delete
  2. Belom pernah ke pulau seribuuu aaa :(:(

    ReplyDelete