Keunikan Desa Sade Lombok Tengah

Lombok?? Checklist! Done! Kesampean! 

Yap, udah planning ke Lombok dari tahun lalu. Bener2 dari tahun lalu. Udah planning dari Mei 2015, sampai akhirnya.... Hari keberangkatan yang ditunggu-tunggu datang juga. Jalan-jalan gue kali ini ditemani sama Tubagus Edo dari @sunnytravelofficial. Semua itin perjalanan dia yg atur selama 7 hari 6 malam.. And here we go!

30 April 2016
Dijemput on time sama Edo (nick name dari Tubagus Edo). Dan dia jemput bareng temennya yg bernama Sigit. Super supel, super ramah, dan kocak, yaa ini first impression gue ttg Edo. Cerita pertama yg mengejutkan dari dia adalah, "Di sini kurang aman, Sha. Banyak banget begal. Sesama orang Lombok juga dibegal." Dihh serem amat ye! Tadinya mobil dalam keadaan ga terkunci, gue langsung reflek konci mobil sendiri. Tapi tenang, begalnya malem-malem doank kok. Kalo siang ga pernah ada kejadian begal.. *tetep aja suka parno ga jelas hehe*

DESA SADE
Objek wisata pertama yang didatangi adalah Desa Sadeeeeee.. Tak dung jeng jeng tak dung jusssss....
Cukup dekat dari bandara, sekitar 20 menit dengan kecepatan mobil yang santai. Sesampainya di tempat parkir, kami langsung disamperin sama bapak-bapak yang ternyata adalah warga asli Desa Sade, sekaligus sbg tourguide di Desa Sade.
"Selamat datang di Desa Sade. Perlu orang sebagai tourguide? Biar sekalian bisa menjelaskan ttg Desa kami.."

Signage Desa Sade
Of course! Dengan senang hati! Di gerbang desa tersebut, ada buku tamu yang "harus" diisi utk mendata tamu-tamu yang sudah mampir di Desa ini. Dan juga ada kotak persembahan, kita diminta untuk menyumbang berapapun nominalnya agar bisa membantu Desa ini. Desa Sade ini merupakan salah satu dari beberapa desa yang masih mempertahankan adat dan ke-tradisional-annya. Mereka "menolak" untuk mengikuti jaman. Demi mempertahankan adat dan sejarah.. Bahasa yang mereka gunakan juga bahasa lokal, jadi wajar kalo sebagian besar dari mereka ga bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

2 words, pada saat mulai masuk ke gang Desa, bau pup. Sorry to say, but it's true. Dan ternyata penciuman gue ga salah. Semua pondasi rumah di desa ini menggunakan PUP KEBO sebagai lem nya. Pada umumnya bangunan rumah kita terdiri dari tanah dan semen, di sini terdiri dari tanah dan pup kerbau. Tradisional sekali yah. 

Pondasi Rumah Adat di Desa Sade
Nah itu, yang berwarna coklat kehijauan, itu pup kerbau hihihi. Wanginya semerbak! Ga ngerti lagi gimana cara mereka bisa buat pondasi seperti ini. Kokoh lho guys! Ga kalah sama semen! Semua rumah di sini serba tradisional. Dinding rumah yang terbuat dari anyaman bambu/batang bambu/kayu, atap yang terbuat dari ijuk, dll. Arsitektur Nusantara banget...

Inside Desa Sade
Lantainya pun campuran tanah dan lagi-lagi pup kerbau. Jadi, pondasi yang sekaligus dijadikan sebagai lantai. Ada 1 keunikan lagi, mereka ngepel juga pakai pup kerbau!! Pas banget, ada rumah yang baru aja abis dibersihin (dibacanya:dipel pakai pup kerbau). Penasaran tingkat tinggi, gue masuk deh ke rumah itu. Tentu aja dengan seijin yang punya rumah yah..

Rumah Tradisional Desa Sade
Pas masuk ke sini, wah wangi nya sih lebih dasyat daripada di luar rumah. Masih basah coi! Lantainya masih basah! Basah dg pup kebo! Tapi lama kelamaan hidung mulai bisa beradaptasi dan akhirnya ga merasa terganggu sama sekali.
Sangat unik, karena tangga yang dibuat sangat sempit, hanya dengan panjang sekitar 70cm, makin ke atas makin sempit, tapi dengan ketinggian anak tangga yang ga wajar (sekitar 40cm). Yang lebih unik lagi, pintu menuju ke ruangan inti dibuat sangat sempit. Untuk masuknya aja badan gue harus nyamping kanan kiri dan nunduk maksimal sambil nekuk kaki. Ruangan di luar pintu ini adalah tempat untuk menyambut tamu, ngobrol-ngobrol, atau rapat penduduk. Sedangkan ruangan di balik pintu ini adalah ruangan inti : tempat tidur dan masak.
"Tempat masak kok di dalam rumah? Kenapa ga di luar? Ga kebauan tuh yang di dalem?"
Pertanyaan ini langsung keluar dari mulut gue setelah dijelaskan kalo ruangan inti masak ada di bagian dalam. Iya donk? Berhubung gue paling benci sama asap karena bisa bikin rambut bau hehe..

"Di sini kami sengaja memasak di dalam supaya asapnya ngumpul. Buat usir nyamuk hehehe. Kan ga ada obat nyamuk, jadi usir nyamuknya juga pakai cara tradisional."
Well.. Terjawab sudah.. Iya juga sih, kalau ga mereka mau usir pake apa??

"Kamar" di Rumah Tradisional
Atap yang menjulang tinggi, agar sirkulasi udara berjalan dengan baik. Yaa biar ga engap gitu lah. Nah ada yang unik lagi, pembatas antara area masak dan "kamar" cuma pake dinding dengan ketinggian yanggggg menurut gue nanggung dan pendek. Yang cewe-cewe pasti tidur di dalam "kamar". Sedangkan yang cowo-cowo biasanya tidur di luar "kamar". Agak gagal paham dengan kenapa mereka harus buat semuanya serba pendek? Pintu masuk, dinding pembatas, semua serba pendek.
Tempat tidur mereka biasanya yaa langsung ke tanah. Atau, kalau mau lebih empuk, biasanya mereka pakai bambu sebagai alasnya. Super tradisional sekaleh! Sejujurnya gue ngerasa agak pengab dan lembab di dalam sini.
"Kalau siang iya panas. Tapi kalau sudah malam akan mulai sejuk, dan tidak jarang juga suhunya jadi agak dingin." Begitu menurut penjelasan si Bapak. Ga kuat terlalu lama lagi di dalam rumah, jadi gue putuskan keluar rumah hehehe.



Kain khas Lombok merupakan salah satu daya tarik dan penghasilan di Desa ini. Jadi ga heran, banyak banget rumah-rumah yang jualan kain. Setiap selang 2 rumah bisa ada yang jualan kain. Wah pengunjung macam gue bisa kalap belanja kain nih. Karena harga kain-kain di sini tidak terlalu mahal. Yaa awalnya mereka kasih harga cukup tinggi, tenanggggg, bisa ditawar kok. Terus pake sistem tawar tinggal, ga lama mereka pasti panggil kita dan dikasih harga yg lebih rendah hihihi..

Kain Khas Lombok
Semua cewe di Desa Sade ini DIWAJIBKAN agar bisa menenun kain. MESTI, KUDU, WAJIB, HARUS! Tanpa terkecuali. Dari mereka kecil, sekecil apapun umurnya, kalo uda bisa pegang dan pakai alat tenun, mereka HARUS belajar. Karena cewe-cewe di sini akan dianggap dewasa kalo uda bisa nenun kain dengan baik dan benar. 

Cewe yang Dianggap Sudah Dewasa
Kayak cewe yang difoto ini, udah dianggep dewasa nih. Nenun nya uda pinter bener.. Uda bisa menghasilkan banyak kain yang siap dijual. Siap diculik sama calon suami.
Nah nah nah.. Ada keunikan lain lagi. Salah satu adat yang masih mereka pertahankan. Kalau ada cowo yang naksir sama si cewe, ngerasa uda mantep dan mau dinikahin, si cowo akan CULIK si cewe dari rumahnya. Culik? Konotasinya negatif yee.. Tapi beneran begitu. Biasanya sih si cowo akan culik si cewe ke rumah dia/pihak keluarga besarnya. Dan culiknya lama lho, bisa sampe 1 minggu kaga dipulang-pulangin tuh anak orang.
"Justru pihak keluarga perempuan akan tersinggung kalau laki-lakinya minta ijin mau nikahin anak perempuannya. Pihak keluarga perempuan akan merasa anaknya tidak laku dan ada kekurangan. Tapi dengan 'diculik', pihak keluarga perempuan akan merasa kalau anaknya 'laku'.."
Aneh yah kedengerennya. Tapi sekaligus super unik. Baru kali ini gue denger orang mau nikahin tapi dicolong dulu hahaha.. Setelah diculik sekitar 1 minggu, baru deh pihak keluarga cowo dateng ke rumah cewe untuk 'ngelamar'. Ngelamar di sini berarti siap pesta.
Malah si Edo nambahin cerita, "Malah ada, Sha, kejadian si cewe (A) diculik ama si cowo (B). Uda keliatan fix donk ama si B, udah diculik ama si B! Tiba-tiba ada pihak ketiga, si cowo (C) suka sama si A. Si C culik si A dari si B. Eh akhirnya si A malah jadi ama si C.."
Ini saling culik-culikan ye! hahaha.. Dalam keadaan ini, semua keputusan kembali lagi ke si cewe. Dia maunya ama siapa. Ahh wanita.. :D

Oh iya, Desa Sade juga salah satu desa yang masih mempertahankan adat menikah dengan keluarga mereka. Jadi penduduk di Desa ini adalah 1 keluarga. Gimana engga? Mereka menikah dengan penduduk yang ada di Desa ini juga. Whole big family..




Setelah selesai touring di Desa Sade, jangan lupa untuk bayar Bapak tourguide nya yah. Seikhlas nya aja. Karena kehidupan mereka sangat bergantung dari wisata ini..
Prok prok prok! Girang sendiri masuk ke Desa Sade. Lagi-lagi gue bilang, UNIK! Bangunan, adat, penduduk, kebiasaan, semua unik dan di luar dari kebiasaan. Hal seperti ini patut dipertahankan. Demi menjaga keragaman dari keindahan Indonesia..


No comments:

Post a Comment