Keindahan Labuan Cermin & Pulau Manimbora

Setelah puas snorkling di sekitaran pantai Pulau Kaniungan Besar, pas banget ada panggilan dari Kak Harry untuk kami segroup segera berangkat menuju Labuan Cermin. Ahhh.. Tempat yang sangat gue tunggu-tunggu. Karena kalo liat foto-foto nya sih bikin mupeng abissss! Gue bela-belain jatah cuti gue kepotong banyak demiiiii bisa ke sini. Ke tempat si "perahu melayang" itu.. Buru-buru langsung beberes, dan naik ke boat.

Katanya kalau ke labuan cermin lebih baik di pagi hari. Pas matahari mulai naik ke atas, berarti sekitar jam 8 pagi sampai jam 11 lah yaa maksimal. Karena yang dibutuhkan di Labuan Cermin adalah sorotan si cahaya matahari itu. Well.. Dari Pulau Kaniungan menuju Labuan Cermin butuh waktu sekitar 1 jam (kalau ga salah). Kali ini gue duduk di belakang! Jadi ga kena si hantaman kapal sm ombak di p*nt*t gue hahaha..

Pas udah deket di labuan cermin, ada bagan yang nangkring di situ. 


Bagan kapal
Kak Harry menjelaskan, bagan-bagan seperti ini yang suka disamperin sama si whaley buat minta ikan. Ini namanya bagan kapal. Yaa karena berbentuk kapal. Karena ada 1 bagan lagi yang memang didesain untuk bisa ngapung gitu aja di atas laut. Berhubung gue ga perhatiin bagan yang waktu itu jadi spot gue berenang bareng whaley, jadi yaaa gue baru engeh aja, ternyata rupa si bagan seperti ini toh.

Untuk masuk ke daerah Labuan Cermin, kita kayak masuk ke suatu pedesaan gitu. Di situ terdapat dermaga dan ada kapal lagi untuk masuk ke spot Labuan Cermin. 


Desa di menuju Labuan Cermin
Dermaga di pinggir desa
Setelah kami semua naik kapal, cuss deh berangkat. Waaaa gue ngerasa seru sendiri. Karena kami ngelewatin pepohonan gitu dengan menaiki kapal. Kayak di pilm-pilm, naik boat, terus ngelewatin pepohonan hihi. Setalah 5-10 menit, sampai deh di spot yang terkenal itu.. Tadaaaaaaaaaa......

Sampai di spot bagus
Dan ya, gue mengakui, Labuan Cermin ini indah kalo ada pantulan cahaya matahari. Kalau ga kena pantulan cahaya, keliatannya biasa aja. 


Tanpa pantulan cahaya matahari
Setelah kena pantulan cahaya, see! Perahu nya beneran kayak melayang... Ahhhh cinta deh!

Cermin air
Uda puas foto-foto di atas perahu dengan gaya sejuta umat itu (duduk di ujung perahu), saatnya coba nyelem. Lepas kacamata, pasang alat snorkle, dan byurrrrrrr.. Buset dah! Dingin mampus! Ga boong.. Hahahahaha.. Kulit tuh ga siap dengan dinginnya air. Karena di bayangan gue air di sini yaa seengga nya sesuai dg suhu tubuh lah. Padahal TanDev uda bilang, "Gila air nya dingin banget bho!"

Gue tetep ngeyel, karena keliatannya cuaca panas, masa sih sedingin itu. Tapi ternyata beneran dingin banget haha. Gue mulai menjulurkan lidah deh buat ngerasain rasa airnya. Tawar dan seger.. Berasa pengen ditelen tuh aer hehe..
Labuan Cermin terkenal juga dengan kerukukan antara air tawar dan air asinnya. Di permukaan, airnya tawar. Tapi semakin ke dalam, airnya jadi asin. Jelas, gue mau buktiin itu. Setelah berjuang mati-matian untuk nyelem, akhirnya gue berhasil nyelem ke bawah, dan menjulurkan lidah lagi. Eh? Kok tetep tawar? Spontan pas naik ke permukaan, gue ngomong ke TanDev, "Kok di bawah airnya tawar juga ya TanDev? Bukannya harusnya asin?" Dan TanDev bilang,"Lo berenang agak ke tengah sana. Di sini msh belom berasa.."
Jadi.. Tadi itu gue nyelem bersebelahan persis sama si dermaga nya. Musti agak ketengahan katanya. Karena uda engap, jadi yaa berenang-berenang santai dulu deh di sekitaran sini.
Sekitar 15 menit menikmati santai di deket dermaga, sebagian dari kami berenang dan naik kapal-kapalan kecil menuju ke akar pohon yang buesaaarrrr di ujung sebelah sana. Well.. Gue susulin aja, sekalian mengeksplor. Pas di tengah-tengah berenang, parno gue mulai muncul ga karuan. Gue parno ada buaya nongol dari bawah dan nyamber kaki gue. Tetep berenang, dengan perasaan yang was-was. Karena semakin ke tengah, dasarnya berasa semakin keruh. Jadi penglihatannya jadi kurang jelas. Berenang cepet-cepet.. Pengen buru-buru sampe ke gerombolan sebelah sana!! Dan finally... Sampeeeee!!! Huhh hahh huhh hahh.. Ngos-ngosan. Untung ada akar pohon yang gueedeee banget menjulur ke air sampai ke dasarnya. Jadi bisa dipakai buat berdiri dan ambil nafas banyak-banyak.


Nyelem nyelem nyelemmm
Ambil foto underwater di sini sih keren banget lho. Karena di bawah air ada akar pohon guede-guede dan cukup banyak. Jadi yaa kami yang di situ bernarsis ria di bawah air. Sayangnya foto ini ga diambil yg menghadap ke si akar yah..

Giliran gue nyelem ke bawah, ga lupa buat menjulurkan lidah. Eh iya asin lho! Terus seneng ga jelas sendiri hahaha.. Terbukti sudah.. Air tawar dan air asin di sini hidup rukun. Pembagian kekuasaan jelas, air tawar di atas dan air asin di bawah.
Selesai sudah berleha-leha di sini. Saatnya kami bergerak ke tempat lain.
Kak Harry bawa kami keeeee...


Pulau Manimbora / Pulau Spongebob
Pulau Manimbora ini bisa dibilang pulau kuburan. Karena memang fungsinya sebagai tempat kubur Suku Bajau yang sudah meninggal. Para Suku Bajau ini tinggal di Pulau Balikukup, berjarak ga jauh dari Pulau Manimbora. Tapi pulau mereka itu kecil, sampai ga ada lahan lagi untuk bisa dimanfaatkan sebagai kuburan. Makanya semua orang yang sudah meninggal, mereka bawa ke pulau ini dan dikubur di sini. 


Penampakan Pulau Manimbora



Karang dan sampah yang terbawa arus
Pulau ini termasuk kecil. Gue bisa kelilingin pulau ini 2 kali dalam waktu kurang dari 15 menit hehe. Pasirnya halus bangettttt.. Banyak karang-karang yang ngumpul di tengah dan membetuk kayak garis gitu. Dan ga ketinggalan sampah-sampah ikutan ngumpul membentuk garis. Bukan karena para turis buang sampah sembarangan di sini, tapi sampah-sampah ini datang ke sini karena alam yang membawa mereka. Alias keseret ombak. Yaa ini sampah dari pulau lain yang keseret sampai ke sini. Begitu menurut penjelasan dari Kak Harry.

Nah ada spot kuburan yang paling bagus. Paling spesial. Dibuatkan atap tersendiri. Konon yang meninggal di sini seorang tokoh yang terkenal di sekitaran suku Bajau.


Kuburan si "tokoh"
Kuburan yang terkena abrasi
Bisa dilihat di foto, kuburan tersebut terkena abrasi laut. Karena ga ada yang bisa melawan the power of nature lah yah. Tapi tetep, setahun sekali suku Bajau mengadakan acara di area kuburan ini. Di kuburan si tokoh ini.
Oh iya, mengenai abrasi, ga cuma kuburan ini aja yang terkena abrasi. Sudah banyak kuburan lain yang terkena abrasi. Jadi jangan kaget kalo di tengah-tengah pasir kalian nemu tulang belulang manusia, dannn tengkorak manusia.


Tengkorak manusia
Gue agak sebel sama lalat-lalat kecil di sini. Gue ga tau sih mereka lalat atau nyamuk atau selaru. Pokoknya demen banget deket-deket kulit kita dan nyedot darah kayak nyamuk. Gue hampir ga pernah bisa diam di sana, karena sekalinya diam, mereka nemplok di kaki dan tangan kita!! Kezel...
Nah.. Sekarang apa hubungannya sama Pulau Spongebob?
Nama ini diberikan sama salah satu turis bule yang sudah datang ke sini. Kebetulan pada saat itu Kak Harry juga yang menemani mereka tour. 

Spongebob Island

Well.. Kalo dilihat dari jauh, pulau ini kayak pulau di film Spongebob. Di film Spongebob, dari atas permukaan laut, pasti ada pulau seperti pulau ini dan menandakan kalau rumah Spongebob berada di dasar laut tepat di bawah pulau ini. Dipikir-pikir iya juga yah! hahahaha.. Mirip banget sama pulau Spongebob.

No comments:

Post a Comment