Explore Pulau Kaniungan Besar

Sementara teman-teman yang lain sudah pulang, gue dan sedikit rombongan lain melanjutkan kesenangan kami ke.......... Pulau Kaniungan Besar.... *jengjengjengjusssstakjussss!
Kak Harry dengan berbaik hati membawa kami ke tempat ini. Perjalanan dari Derawan jauhhh.. Hampir 4 jam perjalanan via laut. Tapi semua itu ga terasa karena di sepanjang perjalanan kami habiskan untuk mengobrol. Ga deh boong.. Sebagian tidur dan sebagian ngobrol..
Gue salah satu yang molor hehe. Bener lho, berasa jauh. Kapal menghantam ombak berkali-kali, jadi yang duduk di area depan kapal sih berasa banget sakit di p*nt*t. Sampai, si dudukan gue tatakin pakai safejacket hahaha. Ga tahan, kebanting berkali-kali. Sempat kami melewati kerumunan lumba-lumba. Tapi sayang sekali mereka ga muncul lagi ke permukaan setelah mereka sadar kami menunggu-nunggu mereka. Sedihnyaa.. Kak Harry panggil-panggil mereka dengan cara mengetok-ngetok bagian kapal. Karena katanya lumba-lumba tertarik dengan suara. Tapi cara itupun ga berhasil memancing mereka muncul ke permukaan HIKS..
Setelah 4 jam dilewati dengan penuh perjuangan...... Akhirnya sampai juga di Pulau Kaniungan Besar....

Pulau dengan pantai yang tidak begitu lebar, pasir putih yang tidak begitu halus, namun pemandangan yang asri. Karena view nya menghadap ke pulau lain yang terlihat serba hijau. Penduduk di sini termasuk sedikit. Hanya terdapat beberapa kepala keluarga. Dan katanya, Pulau Kaniungan Besar ini baru akan dijadikan objek wisata. Jadi mereka sedang membangun semacam homestay gitu di sana. Kami ikut menikmati homestay pertama mereka.

Lingkungan di Pulau Kaniungan Besar

Homestay dan lingkungannya
Ada 1 hewan yang menarik perhatian gue... Ayem! Itu kaki ayem gede bener dah buset. Baru kali ini ngeliat kaki ayem segede itu.

Ayam di Kaniungan
Oke ga penting, balik ke homestay..
Homestay nya bisa diisi sama 15 orang deh gue rasa. Karena ada 2 kamar yang bisa diisi 4 orang @kamar, dan ada semacam ruang tamu yang bisa diisi 7 orang, bahkan lebih. Hawa nya agak panas sih, tapi ga bikin sampe pengap. Mereka sediain kipas angin utk penyejuk ruangan. Sayang banget gue ga foto bagian dalamnya, gue malah terlalu konsen di bagian WC nya. Karena experience baru, pada saat mandi gue nengok dan dongak ke kanan kiri takut ada yang ngintip. Bukan manusia yang ngintip, tapiii.... Ahhh ketakutan bodoh gue  :( hehehe

Toilet di dalam homestay
Kami sampai sekitar pukul 5 sore, jadi pas banget samaaa sunsettttt.. Setelah taruh barang-barang di homestay, kami memutuskan untuk sedikit berkeliling di sini.

Jalan-jalan santai di Kaniungan
Pantai Kaniungan
Baru beberapa meter berkeliling, gue dan Kak Agnes bertemu dengan Bapak yang lagi potong-potong daging ikan. Namanya ikan sengi-sengi. Katanya ikan ini khusus untuk memancing. Karena sangat anyir/amis dan lengket, jd ga bisa dimakan. Uda cuci tangan pake sabun juga bau anyir yang nempel ga ilang-ilang. Hmm.. Kebayang ga tuh sekarang tangan si Bapak seamis apa hehe. Mereka biasa menggunakan ikan sengi-sengi ini utk tangkap ikan lain. Memang mata pencaharian utama mereka yaa nelayan :)

Bapak Nelayan
Ikan sengi-sengi
Uda bisa diliat lah yah dari foto, itu lalet ijo demen bener nemplok di ikan itu. Berarti betapa amisnya itu ikan hehehe. Tapi dari jarak gue ambil foto, ga kecium amis ampe gimana-gimana sih..
Suasana di sini asri dan tenang banget. Bener-bener jauh dari keramaian. Di Derawan masih terasa suasana ramainya, di sini gue berasa bener-bener kayak di pelosok dan gue suka. Setelah sedikit berkeliling, ada 1 spot bagus banget buat foto. Pohon kelapa yang melengkung berdekatan pas di depan matahari terbenam. Spot yang perfecto cekayiii.. Langsung deh TanDev buka hammock nya dan dipasang di antara pohon kelapa itu. Soooo beautiful yah.

Narsis di depan sunset
Setelah puas ambil foto dari beberapa angle, cuss balik ke penginapan kami. Dan tentu saja, sepanjang perjalanan kecil pulang kami, take photos is a must! hehehe. Kali ini objek foto gue adalah Rosaaaa! Cantik.. Pengen ada di sini terus di tengah-tengah kepenatan kota :(

Hunting model di sunset Kaniungan
Di dekat homestay kami ada beberapa warung makan. Gue dan Ocha mampir dan memutuskan mau makan indomie kuah. Dari kemaren bisa tahan godaan indomie, tapi ga di sini. Kayaknya kalo ke pantai ga makan indomie dan kelapa tuh ga afdol! haha. Ga lama Dyah ikut gabung bareng gue dan Ocha, dan ga lama TanEvi ikut gabung juga. Smua pesen indomie haha. Kak Harry sediakan paket makanan untuk kami, tapiiii makan indomie di saat matahari tenggelam kali ini bener-bener ga terlewatkan. Kak Agnes dan Kak Dee pun akhirnya ikut gabung bersama kami. Ngobrol-ngobrol seru lagi. Cerita tentang keseruan-keseruan kemarin, gosip-gosip sedikit ttg pulau ini, membuat malam gue jadi hangat. Selesai makan! Saatnya mandi....

Mandi? Saat yang paling gue takutin. Sebenernya ga semenakutkan itu, tapi karena ini uda malem, tingkat parno semakin tinggi hahaha. Jebar jebur jebar jebur! Done! Mandi ngebut! Asal semua kesabunan, udah selesai!!
Sehabis mandi pas banget Kak Harry panggil untuk makan, karena makanan sudah siapppp. Tempat makan di bangunan khusus seperti aula gitu. Sayang gue ga foto khusus bangunannya. Foto gue capture dari video yang gue ambil..

"Aula" makan
Bangunan sederhana (yg ada tempelan DILARANG itu) yang cukup luas. Hmm masakan malam ini semacam ikan kuah kuning dan ikan bakar. Sambelnyaaaaaaaaaa wahhhh gue suka banget! Masakan di Pulau ini gue suka. Padahal gue termasuk orang yang ga terlalu suka makan ikan karena amis, apalagi kalo dimasak kuah gitu. Eeeerrrhhh makin amis. Tapi di sini mereka masaknya bisa ga tercium amis sm sekali. Malah nagihin parah.. Good good..

Hari ini cukup melelahkan di perjalanan. Jadi selesai makan, gue langsung tepar di ranjang. Kebetulan kali ini gue sekamar sama TanDev dan Ocha. Kamar yang bermodalkan kipas angin, cukup nyaman. Karena ternyata ga sepanas di bayangan gue. Plekkk, langsung pules...

Besok paginya, gue bangun sekitar jam 7 kayaknya. Morning alarm, sakit perut.. Pagi-pagi Om Gun uda ngilang. Ternyata dia snorkling di area pantai sana. Gue masih celingak celinguk. Gue putuskan ke bangku di dekat pantai. Ada Kak Angga masih tertidur pulas di hammock, Kak Harry + Kak Ringga msh di dalam camp, dan TanDev yang lagi siap-siap mau snorkling. Gue.... Ngelamun dulu aja deh. Masih kepagian juga buat snorkling, dan malahan agak malas buat snorkling. Males tukeran bajunya hehe. Ga lama ada kode kalo sarapan sudah siap. Well.. Gue balik ke homestay, bangunin Ocha buat ajak makan bareng. Kami cuss menuju "aula makan". Kami makan sambil ngobrol-ngobrol dengan yang lain. Bercerita sana sini. Dan berusaha ngajak yang lain buat snorkling. Tapi pada ga mau karena males basah haha. Gue berniat buat rebah-rebahan lagi di homestay, apa mau ketemu Om Gun dalam keadaan basah di depan homestay.

Om Gun : Sha. Ga mau nyelem? Bagus lho di sana. Kamu pasti suka deh..
Gue : Mau sih, Om Gun. Tapi males basah.
Om Gun : Nyelem aja. Saya jamin pasti ga nyesel...

Hmm.. Ajakan yang cukup menggoda. Dan gue tergoda. Akhirnya gue memutuskan untuk snorkling. Dan wah! Bagus!! Bener deh.. Padahal kalo diliat dari pantai, keliatannya ga ada apa-apanya di bawah sana. Berenang sekitar 5m-10m ke arah laut, kaya akan karang yang warna warni dan kaya akan ikan. Suka banget! Ga nyangka bisa sekaya dan sebagus ini. Yess, Om Gun bener, ga nyesel gue ambil keputusan buat basah-basahan lagi. Yang gue seselin, lagi dan lagi, gue ga punya kamera underwater!! Jadi ga bisa mengabadikan keindahan bawah laut sana. Padahal...... Wah bagus... Jadi, kalau kalian sempat nginep di Pulau ini, jangan lupa buat snorkling di daerah sini. Bukan cuma Om Gun, gue sendiri juga jamin kalian ga akan nyesel... :)

1 comment:

1. Hai Mba, salam kenal. Andri nih,

mba kalo boleh tau, nyimpen contact person homestay di kaniungan itu ga yaa? terimakasih :D