Berenang Bareng Whaleshark di Derawan

Good morning.. Last day buat beberapa temen gue yang pulang hari ini.
Kemarin malem sebelum tidur, sempet kumpul untuk rapat bersama. Tadinya acara bertemu dg whaleshark cuma untuk yang extend. Jadi yang pulang hari ini, ga akan dapet moment itu. But.. Diputuskan sama Kak Harry, besok pagi (hari ini) kita akan coba hunting whaleshark di bagan dekat Derawan Fisheries. Untung-untungan sih. Karena whaleshark nya belum tentu nongol ke permukaan air. Tapi berharap saja dan semogaaaaa mereka muncul ke permukaan. Jadi diumumkan, besok pagi akan hunting whaleshark dan diharapkan para peserta uda harus siap dari jam 5 pagi! 
Kak Harry dan Kak Ringga sampai nginep semalaman di bagan demi kami para peserta. Mereka tungguin si whaley datang dan mereka coba pancing untuk tetap berada di sana. Kalo memang si whaley muncul, Kak Harry akan telp Kak Daniel untuk bangunin kami dan bawa kami ke bagan tersebut.


Malam itu ada miskom di gue. Gue pikir, yang extend akan tetep ke Talisayan (tempat biasanya whaleshark berkumpul di sana) walaupun besok pagi Kak Harry mau coba untuk bawa rombongan kami ke bagan terdekat. Jadi, gue sempet mikir untuk tidur nyenyak dan bangun siang aja, ga ikut hunting whaleshark. Karena untuk hunting whaleshark itu harus pagi-pagi buta. Range waktunya dari jam 3 pagi sampai jam 8 malam. Setelah itu si whaley akan jarang sekali nongol ke permukaan. Males banget untuk bangun pagi, walaupun sebenernya pengen banget! Sampai akhirnya pagi ini tibaaa...

Jam 5.30 pagi....
"DOKKKKK DOKKKKK DOKKKKK!!!!" suara pintu kamar digedor-gedor.
"Ayo yang mau liat whaleshark whaleshark bangun bangun bangun bangun bangun!!! Yang ga bangun ditinggal ditinggal ditinggalllllll!!!" Kak Daniel gedor satu persatu kamar kami untuk bangunin kami. WOW! Ternyata whaley muncul ke permukaan di bagan situuu!! Gue super excited tapi super ngantuk banget! Pas gue buka mata, temen sekamar gue Enni dan Desi uda ga ada di sana. Mereka sudah memutuskan untuk ga ikut ke bagan dan hunting sunrise di pantai Derawan ini. Jadi tinggal gue dan Rosa di kamar.
Rosa : "Kak.. Kakak ikut ga? Yuk bangun! Mau liat whaleshark"
Gue : "Duh kayaknya aku ga ikut deh Cha. Pengen sih tapi ngantuk banget.. Sekarang malah mules lagi.."
Rosa : "Yakin nih yah ga ikut? Aku tinggal nih?"
Gue : "Ya uda gapapa tinggal aja Cha. Gih sana kamu liat gih.."
Dan..... Gue stay di cottage. Ke toilet karena mules, selesai dari toilet berencana untuk tidur lagi, tapi alhasil ga bisa tidur. Jadi gue keluar untuk ambil sarapan. Pikiran gue masih tenang, gue ga nyesel ga ikut ke sana, karena toh nanti akan diajak ke Talisayan untuk yang extend.
Suddenly Kak Erwin simpering gue, "Sha. Mao ke bagan ga? Gue disuruh ambil gambar whaleshark nih di sana. Kalo mao ayuk ikut, kita nyusul."
Sumpah deh, tadinya gue uda males banget.. Tapi karena sudah dipastikan whaley ada di sana, jadi finally gue putuskan ikut. Beberapa dari kami nyusul ke sana dannnnn.... Sampai! UDA KELIATAN WHALESHARK NYA NONGOL KE PERMUKAANNNNN!!!
Buru-buru gue ambil peralatan snorkling. Beberapa temen yang uda duluan ke sana uda pada naik ke kapal dan bilang ke gue, "Turun sha! Sumpah bagus banget whaleshark nyaaa!!!"
Akhirnya gue turun.. Pas gue turun, keliatan jelas banget itu whaleshark lagi berenang ke arah gue! Spontan gue panik dan berenang mundur ke belakang.. Mengelilingi si whaley dan ikut ke gerombolan temen-temen gue di sana. AMAZING! Sebuah pengalaman yang bener-bener ga akan pernah gue lupakan! Gue sempet elus badan si whaley dan ternyata kulitnya kasar bho.. Thank you Kak Angga (@angga_ata) uda fotoin gue! Dapet foto cantik banget..  







Yes seharusnya kita tidak boleh pegang whaleshark. Ada peraturan-peraturan demi menjaga behavior si biota laut ini. Tapi ini gue berenangnya terlalu dekat. Ga usah niat dipegangpun uda kepegang. Bahkan sempet kekibas ekornya. Gue baru dikasih tau pas uda naik kapal, seharusnya berenang bareng whaleshark itu ada jarak minimalnya. Minimal kita berada 3 meter dari sisi badan kanan kirinya, dan minimal berjarak 4 meter dari sisi ekornya. Demi keamanan kita dan kenyamanan si whaley. Oke noted! Next time gue akan coba taati peraturan yang ada..



Selama ini gue pikir whaleshark cuma makan plankton. Serius deh. Ternyata engga. Mereka makan ikan-ikan kecil juga. Sudah gue liat dg mata kepala gue sendiri hehe. Mereka dipancing untuk tetep stay di bagan itu dengan cara dilempari ikan-ikan kecil dari bagan.

Menurut penjelasan dari Kak Harry, whaleshark sangat suka sekali dekat-dekat bagan. Bagan itu semacam "dermaga" berbentuk kapal sbg tempat penampungan ikan-ikan asin atau ikan-ikan kecil yang nelayan tangkap. Si whaleshark suka nubruk-nubruk'in badannya ke bagan supaya dibagi ikan sama nelayan. Lucu yah, kayak anjing gue jilat-jilat tangan gue demi dikasih makanan hihi.
Whaleshark biasa muncul ke permukaan kalau bulan lagi bersinar tidak terang alias tidak purnama alias lagi gelap. Karena dengan kegelapan itu, mereka bisa melihat 1 terang dari bagan dan meluncur berenang ke sana untuk minta makan. Atau, nyolong ikan hasil tangkapan nelayan hahaha. Makanya nih, karena mereka suka nubruk-nubruk'in badan mereka ke bagan, di badan mereka suka terdapat luka-luka gitu. Bukan akibat manusia, tapi akibat ulah mereka sendiri. Wawasan baru yah hehe..


Well ternyata oh ternyata, beberapa orang yang extend ga diajak lagi ke Talisayan lho karena uda dapet di sini. Seketika gue bersyukur, Thanks God gue nyusul!!!! Coba kalo ga??? Ga akan dapet foto cantik kayak gini nih! Hahaha.. Miskom banget gue di malam itu. Ternyata itu cuma kesotoyan gue doank yang extend akan tetap pergi ke Talisayan hehe..



Rasa terima kasih juga gue tujukan spesial buat Kak Harry.. Thanks kak sudah ajak saya ke sini. Pengalaman baru dan ga akan terlupakan!!







No comments:

Post a Comment