Jelajah Sedikit Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, dalam 1 Hari Penuh

Mau kelilingin Lombok Tengah dan dapet destinasi yang oke dalam 1 hari full? BISAAA! Thanks to Edo yang uda aturin itinerary sedemikian rupa sehingga menjadi.. Hehehe..
Sangat melelahkan, karena gue keliling tiada henti. Waktu istirahat gue yaa waktu di mobil. Di perjalanan menuju destinasi lain. Walaupun cape dan ditambah hawa yg panas banget, untungnya semuanya itu ga mematahkan semangat gue sama sekali. Dan ga lupa tiap kali turun dari mobil selalu les oles oles banana boat, biar ga item-item amat hahaha.

1. DESA SADE


First destination! Hampir menghabiskan waktu 1.5 jam di dalam Desa ini. Cerita ttg Desa Sade bisa diliat di cerita gue sebelumnya hehehe.

2. PANTAI TANJUNG AAN

Lagi-lagi perjalanan tidak terlalu jauh dari Desa Sade menuju Tanjung Aan. Tak dipungkiri, hawanya panas banget coi. Panasnya sampe sakit kena kulit! Tanjung Aan merupakan salah satu destinasi yang pasti ditawarin untuk dikunjungi. 

Pantai Tanjung Aan
Di sini ada ayunan mirip di Gili Trawangan, yang bisa sambil semi berendem di air laut hehe. Ayunan yang cukup eksis dengan tingkat kemiripannya sama si ayunan di Trawangan.
Hawa panas-panas begini pengennya minum air kelapa yah. Tapi sejauh mata memandang, tukang kelapa agak sulit ditemui. Entahlah mengapa. Apa gue yg kurang kelayapan di sekitar sini? Ga ngerti juga hehe. Di area yang adem, banyak banget Ibu-ibu yang jualan kain hasil tenunan mereka. Walaupun harga kain di sini bisa ditawar juga, tapi tetep harganya lebih murah di Desa Sade lho.


Perahu Kayu
Di saat gue nelusurin pantai Tanjung Aan, ada anak kecil yang nawarin buat naik kapal menuju ke Batu Payung. Kira-kira kapalnya seperti yg di foto gue itu. Ga jauh dari Tanjung Aan, paling cuma 15 menit via kapal ini. Dia tawarin harga 150rb/org udah plus jasa fotografer plus hasil fotonya. Tapi tergantung kapasitas juga. Semakin banyak orang yang ikut, harga bisa semakin murah atau malah jd mahal karena perlu nambah kapal. Jadi penasaran, gue langsung lari ke Edo sambil diikutin sama anak kecil itu. Gue mau tanya dulu, harga 100rb itu harga getokan apa bukan? Ga ngerti juga kannn.. Jadi tanya ke yg uda ahlinya deh..
"Lo mau ke sana? Bisa gue anterin ga usah pake kapal.. Mao? Yuk!"
Well.. Sorry dek, ga jd naik kapal kamu.. Ga perlu keluarin duit lagi deh HAHAHA..

2. PANTAI BATU PAYUNG

Menuju ke sini dari Tanjung Aan ada beberapa alternatif: naik kapal, jalan kaki, atau naik mobil sedikit terus jalan kaki hehe. Kebetulan gue pake alternatif yang naik mobil sedikit terus jalan kaki. Kalau jalan kaki, bisa menghabiskan waktu sekitar 30 mnt. Kalau pake alternatif gue, yaa 15 mnt deh hehe. Si pantai ini posisinya agak ngumpet, ada di balik bukit. Jadi kalau ga ada yg kasih tau, kayaknya ga akan ada yg engeh jg deh.



Pantai Batu Payung ada di balik bukit
Jalan ke arah Batu Payung agak licin, karena bebatuannya agak berlumut. Gue beberapa kali uda kepleset di situ. Jadi yaa hati-hati aja guys. Nah ga setiap saat kita bisa samperin Pantai Batu Payung dengan jalan kaki. Karena kalo airnya lagi pasang, si alternatif jalan ini ketutupan sama air laut. Yaa memang paling aman naik kapal juga yee..


Pantai Batu Payung
Sampaiiii.. Keren sih ini!! Gilaa gilaa.. Katanya di sini sempet jadi tempat syuting iklan Dunhill. Emang iya yah? Gue ga sadar juga sih hahaha. Ombak kecil yang cukup aktif, pemandangan sangat oke, jadi bikin pengen ngelamun yah.. Sayang ga ada tempat berteduh. Butttt, kebetulan banget ada tukang kelapaaaaaaa!!! Finally!! Kesampean!! Harganya agak digetok sih, satunya 20rb. Tapi ya sudahlah haha.


Batu berbentuk wajah manusia

Di angle tertentu, si batu ini terlihat kayak muka orang lho.. See? Paling mantep kalo ke sini pas sunset. Gue liat tuh hasil foto-foto tamu si anak yang nawarin kapal tadi, foto di dekat batunya, pas lg sunset. Beuh! Dewa bagusnyooooo..















4. BUKIT MERESE

Destinasi selanjutnya.. Tenggorokan uda adem kesirem aer kelapa, serasa uda bertenaga lagi, siap jalan dan eksplor yg lainnyaaaa..

"Lo mau sunset di pinggiran pantai atau di bukit, Sha?" Wah pertanyaan yang sulit haha. Kayaknya lebih keren sunsetan di pinggiran pantai yah. Jadi destinasi selanjutnya gue diajak ke Bukit Merese..
Berjalan dengan sedikit menanjak bukit. Setelah 10 menitan nanjak, sampailahhhh di bukit mereseeeeee...


Bukit Merese


Biru lautnyaaaaa
View ke Pantai Tanjung Aan
Dari bukit ini kita bisa ngeliat Tanjung Aan secara luas. Wah bagusnya maksimal sih! Suerrr.. Sumpeh, akan jauh lebih bagus lagi kalo ke sini pas sunset. Uda kebayang banget di otak gue suasana nya akan seperti apa! Jadi menyesal pilih sunset'an di pinggiran pantai haha. Tapi ya sudahlah. Nasi sudah menjadi bubur..
Ada 1 pohon yang jadi iconic banget...


Pohon iconic
Bisa banget buat photoshoot di sini nih hehehe. Nah nah nah! Tau Isyana Sarasvati?? Lagu dia yg judulnya Mimpi, tempat syutingnya di sini nihhh.. Bisa diliat betapa bagusnya suasana Bukit Merese..
Ga salah kalo Bukit Merese merupakan salah satu objek wisata di Lombok Tengah yang wajib untuk dikunjungi..

5. PANTAI SEGER

Setelah puas foto-foto dan bernarsis ria di Bukit Merese, lanjut beranjaaaakk ke tempat lain. Turun bukit dan naik mobil again..

Selanjutnya gue dibawa ke tempat yang berlegenda. Pantai Seger, di mana di sini ada Legenda Bau Nyale. Untuk detail legenda nya bisa baca di sini. Inti dari legendanya adalah kepercayaan di mana seorang Putri berubah wujud menjadi cacing. Dan setiap setahun sekali warga di sini merayakan hari itu (festival) dengan berduyun-duyun datang ke sini untuk menangkap cacing, di mana si cacing-cacing itu dipercayai merupakan perwujudan dari si Putri. Cacing-cacing yang sudah ditangkap biasanya dimasak dan dijadikan makanan.


Pantai Seger
Pemandangan di sini ga kalah bagus guys. Gue selalu jatuh cinta sama pemandangan laut di sini. Warna airnya itu loh... Bikin mata jadi terhipnotis hehehe. Hamparan dataran yang luas, dipenuhi sama ternak kerbau. Kebetulan pas gue dateng, kerbau-kerbaunya lagi pada dilepas di lapangan. Lihat si bangunan beton di foto itu? Itu tempat 'manggung' kalau festival sedang berlangsung. Katanya sih dulu Peter Pan sempet dateng dan manggung di sana. Seru juga..


Monumen Bau Nyale
Bergeser sedikit ke arah sebelah sana, ada satu teluk di balik bukit yang keadaan air lautnya berubah-ubah. Kalau ombak laut lagi kecil, airnya ga masuk ke teluk ini. Kebetulan kali ini air lautnya lagi masuk. Jadi keliatan cantik deh, ga kering kerontang hehehe. Di sana dibuat patung yang dijadikan monumen dan diabadikan untuk mengenang si Putri. Untuk mendapatkan view ini butuh sedikit naik bukit yang agak terjal. Jadi hati-hati yah..

6. PANTAI MAWUN

NEXT.. Ini PANTAI TERFAVORIT gue!!! Lokasi pantainya agak tersembunyi dan masih tergolong sepi. Ga sepi juga sih. Tapi yaa termasuk sepi lah *ababil* hehehe.. Surga yang tersembunyi. Pantai Mawun ada di antara Pantai Kuta dan Pantai Selong Belanak. Teluk.. Sangat jelas sekali kalau ini teluk. Jadi hampir ga ada ombak di sini.



Pantai Mawun
Pantai Mawun
Warna pasirnya memang ga putih bersih, tapi ini perpaduan warna yang manis sekali. Diapit sama bukit yang berwarna hijau, warna air yang biru kehijauan pekat, dan langit cerah sebagai penambah manis yang passssss sekali. Wahh langsung deh gegoleran (tidur-tiduran) di sini. Bener-bener betah abisss. Sampe bingung mau ngomong apa lagi hahaha.


Bersantai ria
Walaupun ga ada ombak tetep hati-hati lah yah.. Karena makin ke arah laut, keadaan dasarnya agak curam. Jadi takut kelelep mendadak juga gara-gara kejeblos. Disediakan kursi rotan gitu untuk bersantai. Tapi gue lebih pilih gegoleran di pasir aja deh. Lebih menghayati gitu hehehe..
Cukup lama bersantai di sini. Karena sambil menunggu waktu sunset. Sekitar 1 jam lebih menuju jam 5 sore. Setelah cukup puas dan memang uda mau waktu sunset juga, dengan berat hati gue meninggalkan pantai ini... Bye...










7. PANTAI SELONG BELANAK

Well.. Gue sudah memilih untuk sunset di pinggiran pantai.. Jadi ini destinasi terakhir gue hari ini. Di sini menyediakan jasa belajar surfing untuk para pemula lho. Les surfing berjejer di setiap 'gubuk-gubuk' di pinggiran pantai. Jasa nya dibayar per 2 jam kalo ga salah. Agak lupa..



Surfing movie
Pesen kelapa, sambil gegoleran lagi di korsi rotan, plus tontonin orang surving. Nunggu sunset tiba. Sambil ngaso juga, karena mulai berasa capenya pas sampe sini. Btw, pasir di Selong Belanak ini super halussssss dan putih bersih. Bahkan sampai ke dasar pantainya juga halusss sekali. Biasanya kan ada tajem-tajem gara-gara karang kan. Ini engga, bener-bener halus.
Sambil nyantai nunggu sunset, tiba-tiba...


Ternak sapi lagi jalan pulang
Percayalah, pada saat si sapi ini lewat, semua orang berbondong-bondong untuk ambil foto, termasuk gue hahaha. Lariiiii sampai ke ujung-ujung demi dapet foto mr and mrs sapi. Pantai Selong Belanak termasuk pantai yang sering dilalui sama si sapi ini. Baik pagi hari pada saat mereka berangkat, dan sore hari saat mereka dipulangkan. Jalan menuju padang rumput memang lewat Selong Belanak ini. Just in time banget gue ada di sini hehehe.


No sunset
Ditunggu dan ditunggu dan ditunggu dan ditunggu.. Mataharinya ngumpet! Sedih! GA BISA LIAT SUNSET!!!! Errrhhh agak kesel sih. Karena mengingat, gue bela-belain korbanin ga sunsetan di Bukit Merese demi sunsetan di sini. Tapi apa daya.... Keadaan alam ga ada yang bisa nebak. Hikssss.. Sunsetan yang paling pol yaa begini, karena mataharinya malu..


Perjalanan yang dimulai dengan happy tapi ditutup dengan kecewa (gara-gara gagal sunset). Ga sekecewa itu juga sih hehehe. Pada dasarnya touring hari ini sangat melelahkan tapi sekaligus memuaskan. Bisa datengin objek-objek tersebut dan merasakan sensasi euphoria nya. Selamat mengunjungi dan selamat merasakan kebahagiaannyaaa...

No comments:

Post a Comment