2 Tempat Wisata Asik di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Lombok Tengah sudah sedikit dijelajahi, kali ini gue berkesempatan untuk visit Lombok Timur dan datengin 2 objek yahud di sini. Untuk bisa menikmati Lombok Timur, gue menghabiskan 1 hari penuh (lagi). Karena waktu dan jarak tempuh yang tidak sedikit.

Berhubung gue nginep di daerah Mataram, jadi lumayan banget nih perjalanan ke sini. Daerah yang akan gue datangi adalah daerah Jerowaru. Hampir makan waktu 3 jam untuk sampai ke daerah Jerowaru. Waktu 3 jam dalam keadaan lancar jaya lho, no macet sama sekali. Sampai di satu titik, gue ngerti kenapa perjalanannya selama ini. Selain memang karena jarak tempuh yang cukup jauh, alasan lain adalah, JALANANNYA RUSAK. 1.5 jam perjalanan terakhir, perut berasa dikobok-kobok. Jalanan yang rusak cukup parah. Dan ini sangat mengganggu perjalanan sekali. Untung ada musik yg nonstop di mobil, jadi cukup terhibur lah.
Dan akhirnya gue sampai di daerah Jerowaru. Jalanan di sini uda lumayan bener nih (finally!). Lingkungannya uda semi hutan gitu.

Masuk ke daerah Jerowaru
Jalanan yang bisa muat untuk 2 mobil pas-pasan. Pemandangan kanan kiri semak belukar yang tinggi-tinggi. 

Kanan kiri semak belukar tinggi
So sorry foto blur, karena gue ambil dari video perjalanan hehehe. Sejauh mata memandang, pemandangan kanan kiri jalan begini. Sampaiiiii..

Rumah penduduk
Rumah penduduk berdampingan
Gue menemukan rumah!! Dan ada tumpukan jagung warna orange di depannya. Rumah yang sangat sederhana sekali. Di tengah teriknya matahari, rumah itu terlihat rapuh banget. Karena ga kebayang di dalemnya sih panasnya kayak apa. Dari mobil aja keliatannya uda panas membara.
Kok jagung warna orange yah? Bukannya warna kuning?
"Itu jagung hasil dijemur, Sha. Biasanya buat kasih makan ternak. Penduduk di sekitar sini penghasilan utamanya dari jagung. Ntar lo liat deh di depan, banyak banget ladang jagung."

Ladang jagung
Dan ya, ga lama banyak banget ladang jagung di depan. Berjarak sekitar 50m, ada lagi ladang jagung yang lain. Tiap ladang biasanya dimiliki sama penghuni di 1 "komplek" (1 komplek bisa berisi 2-5 rumah) sini. Jadi, antar "komplek" pun bisa berjarak 50m - 100m bahkan ada yang berjarak 500m. Ada juga yang berjarak 1km lho. Tetanggaannya jauh-jauh yee haha..
Pertanyaan selanjutnya, rumah mereka jauh dari kota. Jauhhhh banget dari kota. Gimana mereka bisa dapat kebutuhan pokok?
"Kebutuhan pokok yang paling penting air. Kalau air biasanya mereka nampung air hujan di tempat penampungan. Ditampungnya macem-macem. Ada yang pakai terpal doank, ada yang sengaja buat bak penampungan. Biasanya kalo dari terpal punya 1 rumah, tapi kalo pakai bak penampungan, punya 1 'komplek'. Sisanya yaa mereka mencari kebutuhan di kota. Kalo yang punya kendaraan naik kendaraan, kalo ga yaa jalan kaki."
Jalan kaki?!?!?! What the?? Naik mobil aja mau 1 jam. Jalan kaki?? Bisa makan waktu setengah hari donk?? Tapi begitulah perjuangan hidup.....



1. PANTAI TANGSI / PANTAI PINK
 
Sampai juga di di objek pertama : PANTAI TANGSI!!! Pantai Tangsi ini disebut Pantai Pink karena memang pasirnya warna pink. Bukan literally pink sih. Sebenernya warna pasirnya putih biasa, tapi karena ada serpihan karang yang berwarna merah, kecampur, jadi warna pink deh. Berhubung banyak banget serpihan karang, jadi pasirnya jadi agak tajem gitchuuu.

Pantai Tangsi / Pantai Pink
Dari jauh sih ga gitu keliatan kalo ini warna pink yah. Memang harus diliat dari deket, baru berasa kalo ini warna pink. Udah sampe sini, naik ke bukitnya deh. Super panas sih, tapi lo musti naik. Biar bisa liat Pantai Pink dari atas. And tadaaaaa...

Pantai Pink dari atas
Dan liat ke arah berlawanan dari si Pantai Pink. Super memanjakan mata sekaliiiii..

Ademmm pengen nyebur
Di sini cukup banyak juga orang yang memancing. Malah ada yang datang ke sini khusus untuk memancing. Entah itu warga penduduk "jagung" tadi, atau warga lain yang rela berjam-jam demi bisa memancing di sini.
Seandainya di atas bukit sini ada tempat berteduh, gue nongkrong dulu deh. Sayangnya ga ada tempat neduh. Pemandangannya asoy banget ye.. Ga bisa dinikmati terlalu lama karena uda berasa kayak cacing kepanasan. Puanas pollll sampe sakit ke kulit..
Di daerah sini ada yang jualan makanan (siomay, bakso tusuk, dll). Jadi kalo mulut iseng ato semi laper, bisa jajan-jajan hehe. Kalo yang keadaan sama kayak gue, perjalanan dari Mataram, saran gue mending lo jajan di sini. Karena cari tempat makan di daerah sini agak susah. Dan jauhhh buat ke mana-mana. Ganjel perut dulu coi, biar bisa enjoy..

Oh iya. Di sini bisa hopping island juga lho. Yang terkenal sih Gili Patelu. Ada juga beberapa gili di sekitarnya. Untuk hopping bisa ikut naik kapal kayu rombongan. Dengan biaya sekitar 50rb/orang. Entahlah gue digetok ato gimana. Itu harga belum nawar sih..

Kapal untuk hopping
Berhubung gue ga menyiapkan diri untuk basah-basahan, jadi ga dulu deh. Pun kata Edo, underwater sekitar sini kurang bagus. Jadi ga nyelem pun gapapa, ga akan nyesel. Jadi ya sudah.. Gue skip...

2. TANJUNG RINGGIT

Naik mobil lagi, dan berlanjut ke objek selanjutnya. Tanjung Ringgit. Tanjung Ringgit berjarak sekitar 1 km dari Pantai Tangsi. Ga gitu jauh. Mau jalan kaki boleh, naik kendaraan juga boleh. Gue lebih pilih naik mobil aja deh hehehe.
And well, cuaca yang super panas bener-bener ga bisa dihindari.

Keadaan kanan kiri di Tanjung Ringgit
Tapi.. Langsung kicep pas liat pemandangannya.... Buwagush buwanget! Tanjung Ringgit itu semacam tebing yang di bawahnya langsung laut. Jadi inget Uluwatu Bali hehe. Gue lebih suka ini sih tapinya. 

Pesona Tanjung Ringgit
Cakepnyooooo
Beneran bagus banget. Dan lagi-lagi terpesona sama warna lautnya. Memanjakan mata yah. Banget.

Down there
Suka polllll
Sangat disayangkan lagi ga ada tempat berteduh di sini. Ga kuat sama panasnya doank nih. Sampe cekit-cekit ke kulit haha. Padahal masih mau berlama-lama di sini. Tapi apa daya, kulit ini uda ga kuat lagi.. Anginnya cukup besar di atas sini. Cuaca super puanaasss ditambah angin super kenceng, jadi berasa ga enak badan (cemen banget). Cuma bisa bertahan 1 jam di sini. Itupun uda kerudungan rapet dari atas kepala sampe pergelangan kaki. Telapakan kaki mah apa daya sudah dipasrahkan bersama sendal jepit. Abis itu buru-buru balik ke mobil. Ketemu AC, wah berasa lebih surga daripada Tanjung Ringgit hahaha..

Sebenernya ada 1 objek lagi yang pengen didatengin. Tanjung Bloam! Tapi apa daya si Tanjung Bloam ini private banget. Yang boleh menikmati keindahan alam di sana yaa yang nginep di resort nya. Jadi... Pupus sudah hiks...


Berangkat dari hotel jam 9 pagi, sampai di Pantai Tangsi jam 12 siang. Explore sedikit. Jam 13.30 menuju Tanjung Ringgit. Cuma bisa bertahan 1 jam, abis itu balik cari makan. Sampai di tempat makan jam 15.00. Selesai makan jam 16.00 (karena makan santai). Perjalanan pulang ke Mataram 3 jam lagi. Sampai Mataram jam 19.00. Habis sudah 1 hari ini. Yang bener, nginep di daerah Lombok Timur, jadi bisa puas jelajahi objek-objek wisata sana hehe.
Next time will be back...

No comments:

Post a Comment