Liburan ke Tanjung Lesung, Banten, Cukup Satu Hari ?

Liburan Idul Adha kali ini timingnya pas banget, jatoh di hari Senin. Jadi bisa dijadiin long weekend. Sementara semua orang berlibur dari hari Jumat, gue masih belum ada planning ke mana-mana. So sad.. Suddenly nyokap ajak refreshing ke Tanjung Lesung, Banten. Hajar banngggggg~~~

Perjalanan dimulai jam 6.15 dari Tangerang. Gue sekeluarga bawa bekal, jaga-jaga takut nanti kelaperan di tengah jalan. Karena menurut info yang gue dapat, lama perjalanan akan memakan waktu krg lebih 3-4jam. Mungkin karena ini hari Idul Adha, jalanan sepi mampusss pussss pusssss. Jalanan serasa punya enyak moyang. Beneran sepi banget. 
Untuk menuju Tanjung Lesung, masuk ke tol arah Merak. Lalu keluar di pintu tol Serang Timur. Setelah keluar pintu tol Serang Timur, suasana jalan jadi berubah. Karena gue melewati jalanan penduduk. Jalanan yang ga terlalu lebar, dan sepanjang kanan kiri jalan itu rumah penduduk. Signage-signage di sana kurang lengkap. Jadi WAZE menjadi andalan gue dan fam saat itu. Lumayan berasa lama di jalan. Karena kecepatan mobil uda cukup tinggi, tapi ga sampe-sampe. Untungnya jalur perjalanan cukup menyenangkan. Ga monoton kayak jalanan tol. 

Setelah sampai di kawasan Pandeglang, baru deh tuh, signage jalan mulai muncul dan jelas. Mulai ada petunjuk Tanjung Lesung *panah lurus*, Tanjung Lesung *panah kiri*, dsb. Mungkin karena penduduk di sini mayoritas muslim, dan hari itu adalah hari Idul Adha, semua toko ga ada yang buka. Sampai ke pom bensin pun ga ada yang buka. Gue berencana mau isi bensin selalu pupus, karena uda 7 pom bensin yang dilewatin ga ad yang buka. Saat itu sekitar jam 8.30. Well.. Ditahan-tahan dulu.. Belum selesai ibadah dan belum potong kurban. Kami terus jalan dg kecepatan mobil cukup cepat. Dan akhirnyaaaa.. Sampailahhhh di pintu masuk Tanjung Lesunggggg... Lihat jam, saat itu jam 9.45. Bener, perjalanan memang makan waktu 3-4jam. Ini dalam keadaan lancar jaya yah. Kurang tau juga kalau macet or something else.

Gerbang Tanjung Lesung
Tiket masuk 1 mobil 10rb. Satpam nya super ramah.
"Pagi, Mba. Tujuan mba ke mana? Villa atau pantai? Kalau ke pantai, sudah tau jalannya? Nih saya kasih tau yah, pada bunderan ketiga, belok kanan yah, Mba. Nanti ada petunjuk jalannya BEACH CLUB."
Gue belom nanya aja dia uda kasih tau. Thanks pak!
Setelah melewati gerbang Tanjung Lesung, mata gue langsung dimajakan sama pemandangan adem yang serba hijau. Pohon rindang yang cukup tinggi ada di sepanjang kanan kiri jalan. Jalanannya sedikit rusak, tapi ketolong gara-gara pemandangan kanan kiri yang bagus.

Pemandangan asri menuju Beach Club
Gerbang Beach Club
Harga tiket masuk Beach Club
Setelah sampai di bunderan ketiga, ada petunjuk BEACH CLUB *panah kanan*. Well.. Ternyata ada pintu gerbang lagi di sana. Bayar tiket masuk 40rb/orang utk weekend dan public holidays. Setelah bayar, mulai masuk kawasan parkiran deh. Parkirannya cukup luas. Dari area parkir uda ada plang dg tulisan "dilarang membawa makanan atau minuman dari luar". Yang tadinya berencana mau piknik, ga jadi deh. Jadinya makan bekel di mobil hahaha..

Parkiran mobil cukup luas
Saatnya masuk ke dalam. Sejujurnya gue uda underestimate. Di bayangan gue, yahhh paling ga jauh-jauh dari air butek dan manusia-manusia yang ramenya uda kayak cendol. Ternyata salah saudara-saudara. 

Pasir putih
Air laut cukup biru
Wah pas liat lautnya, sangat tidak mengecewakan. Airnya cukup biru, pasir cukup putih, lingkungan bersih, dan manusia ga padet kayak cendol. 

"Receptionist"
Di sini bisa main watersport, kayak banana boat, snorkling, dll. Harga uda dipasang di banner cukup besar di atas "receptionist". Buat gue sih ini harganya agak mahal yah. Tapi memang fasilitas yang ditawarkan sebanding dg keadaan laut yang cukup oke.
Ada juga restorannya. Kayak Bandar Djakarta gitu. Kita bisa lihat dan pilih si menu seafoodnya mau apa dari bak nya.

Bak seafood
Bak + harga
Restoran
Cukup okelah yahhh hhihiihi..
Sampai sini langsung santap kelapa muda dulu. Harga kelapa muda juga tergolong mahal, 25rb/batok. Tapi airnya manis banget dan matangnya pas. Selesai santai-santai, mulai keliling dan berfoto-foto ria dehhh..

Narsis family
Di tengah jalan mau foto, ehh nemu ini...

Masuk ke kawasan camping
Kawasan camping
Ternyata di sini bisa camping, dengan fasilitas yang sudah disediakan sama mereka. Kita tinggal bawa diri dan perlengkapan diri aja. Dodolnya, gue lupa tanya harganya berapa :(
Campingnya uda terlihat nyaman banget. Disediakan fasilitas WC yang menurut gue super bersih dan super enak. Ga berasa camping abal-abal deh pokoknya.

Camping kasur
Alas tidurnya aja kasur, bukan tiker doank haha. Jadi yaaa, cukup menggiurkan untuk dicoba next time nya bareng temen-temen. Camping ala-ala...
Di depan camping juga uda ada restorannya. Pas gue intip-intip sih disediakan makanan prasmanan gitu. Dan ada jajanan-jajanan lain. Sayangnya lagi tutup sih si jajanannya.

Restoran untuk camping
Uda selesai ngintip, lanjut foto-foto lagi deh. Banyak spot-spot foto yang menarik dan bagus dan instagramable. Jadi kerjaan gue dan fam yaa foto-foto doank. Karena memang ga berniat untuk basah-basahan di sini. Susah juga sih yah sama ortu hehe. Foto-foto doank juga cukup memuaskan kok.

Narsis lagi
Gue memasuki kawasan penginapannya. Jalanannya nyambung, dari area pantai ke kawasan penginapan. Jadi ada jalan depan yang bisa dilewati mobil, dan ada jalan belakang. Sebenernya yg bukan penghuni situ ga boleh masuk, tapi gue nimbrung masuk buat liat-liat. Kalo nyokap sih sekalian tanya-tanya harga.

Di perjalanan menuju area penginapan
Spot bagus lagi buat narsis
Pantai area penginapan
Di sini juga cukup banyak spot foto yang bagus-bagus di pinggiran pantai.
Cottage nya bagus. Sangat nyaman.

Cottage 
Area cottage
Kebetulan gue mampir ke area cottage nya doank, ga ke area villa nya. Nyaman yah. Dibuatnya seasri mungkin dan cantik.
Keliling-keliling gitu doank ga kerasa tiba-tiba uda jam setengah 2. Untung tadi uda makan bekel di mobil, jadi perut ga terlalu keruyukan. Karena gue dan fam ga mau sampai rumah terlalu malam, jadi kami memutuskan untuk balik. Toh uda puas berkeliling dan foto-foto juga.
Kami putuskan juga ga mau makan di sini. Karena kakak gue nemuin tempat makan yang ratingnya cukup oke : Kampung Nelayan.
Out deh.. Byeee~~
Btw, waktu perjalanan pulang menuju mobil, keadaan cuaca agak mendung dan sedikit gerimis. Gue sempet foto si pinggiran pantai Tanjung Lesung yang tadi dari arah berlawanan..

Air laut tanpa cahaya matahari
Memang air laut terlihat bagus kalo kena pantulan cahaya matahari hihihi.. Kalo engga, agak terlihat biasa saja..

Berusaha cari si Kampung Nelayan. Eh ternyata jaraknya sangat dekat dari pintu gerbang depan Tanjung Lesung. Masuk deh. Tapi kok hawa-hawanya ga enak yee? Sepi banget dan ada beberapa cottage juga di sana. Gue turun untuk tanya restorannya. Sayang banget, restorannya tutup :(

Jadi keluar lagi deh dengan perut yang mulai kelaperan. Alhasil kami makan seafood pinggir jalan yang ga tau enak atau ga.
Pesennya superlamaaaaa. Makanan baru sampe 1 jam kemudian. Jadi kami baru makan siang jam setengah 3 lewat.

Makan siang yang kesiangan
Cuma pesan ikan bakar dan udang doank padahal. Pas dicobain yaa so so lah yaa rasanya. Ikan dan udangnya kurang fresh. Padahal itu uda makan di pinggiran pantai ala-ala.

Well.. Perut kenyang, hati senang habis dari pantai. Cussss pulang deh. Sayang, hari itu ditutup dengan macet yang super parah. Start jalan dari tempat makan itu jam 15.30. Tebak gue sampe Tangerang jam berapa?? Jam 23.00 lewat lewat dikit. Wah macetnya sih gila ga ketolong. Dan kalo ditanya macet kenapa? Ga jelas.. Kayaknya emang karena jalanan yang kecil aja, dan jumlah mobil yang cukup banyak..

Hahhhh.. Niat ga mau sampe rumah malem-malem, eh malah beneran tengah malem sampenya..

Sekian cerita gue dari Tanjung Lesung. Rating pantainya 7/10 deh. Not that bad, but not that good either. Cukup oke buat dateng sama keluarga. Dan sangat oke buat yang kangen laut. Cuma yaaaa, jaraknya aja yang cukup jauh. Kayaknya next nya lebih baik nginep di sana deh. Karena pasti lebih asik kalau main air di sana, main banana boat, snorkling, dll. Dan pasti lebih seru lagi buat hunting sunset di sana. Di samping itu juga karena perjalanan yang jauh dan sewaktu-waktu bisa kena macet kayak gue hehehe..

No comments:

Post a Comment