Trip ke Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, dengan Perjalanan yang Super Duper Amat Sangat Panjang

Uda dari tahun lalu mau ke sini. Getol cari tour A sampe tour Z. Sekalinya dapet tour dan waktu yang pas, eh ga ada temen travelnya. Sekalinya dapet temen travel, eh tour dan waktunya ga pas. Serba salah. Sampai tibalah saat ini. Memang waktu yang disediakan Tuhan itu waktu yang terbaik...
Gue sepakat berdua dg teman SD gue mau ke Kawah Ijen di tanggal 23-25 September 2016. Gue dan temen gue pakai tour Travellink Cafe (@travellink_cafe) dengan Mas Amoy. Tour oke, waktu trip oke, teman checklist, dan go bayar DP. Hari H semakin dekat, jadi bayar sisa pelunasannya deh. Sampai akhirnya hari H tiba. Dan di hari H itu temen gue ngebatalin pergi dengan alasan sakit. WHAT THE?!?!?! Mau marah tapi ya ga bisa. Itu rasanya emosi menggebu-gebu dan serasa mau ngebanting ranjang dan bakar rumah *lebay. Well, apa boleh buat? Sedih.. Karena gue berpikir ini akan batal lagi (padahal uda pengen banget ke sini dari tahun lalu) dannnnn UANG HANGUS BEGITU AJA (karena uda bayar lunas untuk trip). Yang bikin kesel harus batal di hari H. Saking emosinya, gue memantapkan hati untuk pergi sendiri aja. Temen gue sempet nawarin untuk tripnya dimundurin bulan depan tapi dia yang bayarin full. GUE TOLAK! Daripada nanti batal lagi *curhat*
Cusss gue pergi ikutan open trip tapi sendirian.....

Jumat, 23 September 2016
Meeting point di Stasiun Pasar Senen jam 12:00 siang. Jadwal keberangkatan keretanya sih jam 14.00. Jadi gue jalan dari rumah jam 10.30. Start dengan naik ojek dari rumah menuju Stasiun Batu Ceper. Gue akan sharing sedikit transportasi ke Stasiun Pasar Senen via KRL.
Loket Stasiun Batu Ceper berada segaris sama jalur 1. Jadi dari gerbang masuk stasiun yang tergolong kecil, kita harus nyebrang rel kereta api. Semua destinasi dari Tangerang akan berakhir di Stasiun Duri. Jadi mau ga mau harus transit di Stasiun Duri.
Dari Stasiun Batu Ceper menuju ke Stasiun Duri, kita harus naik kereta di jalur 2. Sesampainya di Stasiun Duri, kita akan berada di jalur 3, dan harus transit ke jalur 1 (nyebrang). Di jalur 1 ini kereta akan menuju ke Stasiun Jatinegara. Sebenarnya alur ke Stasiun Jatinegara melewati Stasiun Pasar Senen. Cuma si kereta ga berhenti di Pasar Senen, maka dari itu kita harus berhenti di Stasiun Gang Sentiong (stasiun setelah Pasar Senen). Sesampainya di Stasiun Gang Sentiong kita akan berada di jalur 1, transit lagi ke jalur 2 (nyebrang ke arah balik), naik kereta yang mengarah ke Stasiun Duri. Kalau arah balik ke Stasiun Duri pasti akan berhenti di Stasiun Pasar Senen. Sesampainya di Stasiun Pasar Senen, kita akan berada di jalur 6. Turun deh, dan ikutin aja signage "KELUAR". Sampe dehhhh di Stasiun Pasar Senen..
Begitulah naik KRL dari Tangerang ke Pasar Senen.

Uda janjian, meeting point nya di depan Sevel Pasar Senin. Karena gue sempat tersendat di Stasiun Gang Sentiong, alhasil gue baru sampe Pasar Senen jam 12.40. Saatnya dikenalin ke peserta lain. Tadinya gue underestimate ttg teman trip baru gue. Ternyata pemikiran gue salah. Gue disambut uda kayak keluarga mereka lol. Ternyata oh ternyata, jumlah peserta cuma 6 orang termasuk gue. Jadi kayak private trip gitu. Dan uda jelas lah yah, makin dikit peserta, rasa keakraban juga makin dapet.
Jam 14.00 tepat kereta berangkat. Perjalanan super panjang dan super lama. Karena diperkirakan gue baru sampe di Stasiun Pasar Turi, Surabaya, jam 2.00 dini hari keesokan harinya. 12 jam coiiii di kereta. Walaupun ini bukan pengalaman pertama gue naik kereta 12 jam. Tapi tetep aje yee.. Ya sudahlah, ga terlalu dipikirin lagi. Karena diiringi dengan perasaan yang menggebu-gebu mau jalan-jalan hihi.

Sabtu, 24 September 2016
Pas.. Jam 2.00 dini hari gue dan rombongan sampai di Stasiun Pasar Turi.

Stasiun Pasar Turi, Surabaya
Langsung keluar dan dikenalin sama sopir yang akan antar-antar kami bernama Pak Soleh. Super ramah dan baik hati. Kami langsung dilayani dengan, dia ambil paksa tas kami dan langsung masukin ke bagasi mobil. Ga pake lama, kita langsung berangkat saat itu juga menujuuuuuuu... Taman Baluran Nasional......
Mata masih teler, jiwa masih melayang, dan nyawa masih belum terlalu kekumpul. Jadi pas duduk di mobil, kami langsung ketiduran pules lagi. Tiba-tiba kami dibangunin untuk ngelurusin kaki dan ngopi santai sebentar di pom bensin yang ada rest area nya. Lihat jam, itu sekitar jam 5.30.

Restoran di pom bensin
 Welehhh, uda 3.5 jam perjalanan ga terasa karena saking pulesnya hehe. Rest area nya cukup besar. Restoran yang lengkap, ada mushola, toilet untuk mandi, dan minimarket. Toiletnya cukup banyak. Jadi ga perlu khawatir mengantri lama buat mandi.

Rest area di pom bensin
Cumaaaa, ini toiletnya campur antara cowo dan cewe. Jadi buat cewe-cewe yang punya kebiasaan cuma handukan keluar kamar mandi, jangan deh yah haha. Nanti papasan sama cowo repot juga kalo lagi handukan doang.. Ada toilet VIP nya juga lho. Luas kamar mandi sih sama aja, yang ngebedain cuma ini bisa pakai air hangat dan dapat shampoo + sabun. 1 kamar mandi VIP dihargai Rp7.000,00.

Kami memutuskan untuk ga mandi, jadi cuma cuci muka + gosok gigi. Abis itu jalan lagi deh. Start jalan lagi jam 5.55. Jalannya tidak terlalu lebar, pas 2 jalur jalan pp. Tapi jalanan cukup dikuasai sama truk-truk yang besar. Alhasil perjalanan jadi sedikit tersendat dan agak lama. Karena mau nyalip pun agak repot. Jalan ini satu-satunya jalan utama. Jadi wajar kalo segala jenis truk dan mobil pribadi lalu lalang ramai di sini. Gue perhatiin plat mobil bermacam-macam (B, DK, S, L, N). Hmm.. Untuk ke Bali via darat juga lewat sini. Ga heran deh kalo jalanan ini emang rame.
Sepanjang perjalanan gue perhatiin kanan kiri sawah yang menyejukkan mata. Dan ga sedikit juga ada kebun tembakau. "Di sini merupakan daerah penghasil tembakau, mba. Buat Gudang Garam biasanya.." Menurut penjelasan Pak Soleh begitu.
Sisa perjalanan dilewati dengan...... Ketiduran lagi hahaha..
Tiba-tiba dibangunin untuk makan pagi dulu. Ini uda dekat sekali dengan Taman Baluran Nasional. Lihat jam uda jam 8.30. Wew.. 2.5jam yang ga berasa lagi gara-gara tidur. Ditotalin 6 jam perjalanan dari Stasiun Pasar Turi ke Taman Baluran Nasional!!!! Gile juga.. Untung ngantuk! Kalo ga bisa suntuk di jalanan juga..

Sarapan di RM Baluran Indah
Sarapan yang agak kesiangan kali ini mampir ke Rumah Makan Baluran Indah. Menu-menu sederhana dan sangat cocok untuk isi tenaga di pagi ini.

Soto ayam
Gue pesen soto ayam. Cukup enak. Potongan dagingnya besar-besar dan rasa kuah gurih yang bikin nafsu makan semakin bertambah.

Perut kenyang, tenaga uda dicharge *karenatidurmelulu*, well siap jalan ke Taman Nasional Baluran! Start dari Rumah Makan Baluran Indah jam 9:00. Dari gerbang ini menuju inti Baluran 30 km. Jalanannya pun cukup kecil. Dan.... Rusak...

Perjalanan menuju "inti" Baluran
Sebenarnya jarak 30 km kalo jalanan mulus nyampenya bisa cepat. Berhubung jalanan yang dilalui rusak parah, sehingga kecepatan mobil ga bisa lebih dari 30km/jam. Malah keseringan 20km/jam doank.
Gue sempet bertanya-tanya, kok pemerintahan di sini ga ada niatan untuk benerin jalan sih? Ini tempat wisata lho. Buruk banget sampe ga diperhatikan sama pemerintah. Gue pribadi merasa terganggu sekali.
"Justru sengaja ga pernah dibenerin, mba. Biar mobil/motor yang lalu lalang di sini ga pada ngebut. Ini kan hutan asli. Kalo mobil/motor lewat ke sini ngebut-ngebut, nanti bisa-bisa hewan yang nyebrang jalan ini ketabrak. Karena ga sedikit hewan yang masih berkeliaran di sini. Hutan asli, mba.."
Ohh begitu toh.. Ternyata jalanan rusak ada maksudnya hahaha.. Well, karena jalanan rusak, alhasil baru sampe ke Baluran 1 jam kemudian = 10:00.

Dan tadaaaaaaaa.. Sampe!! Pemandangan kering tapi justru menarik.
"Savannah"
Memang ga salah kalo Taman Baluran ini dijuluki replikanya Savannah di Afrika. See? Memang mirip kan.. Ada pemandangan Gunung Baluran yang super cantik untuk difoto dan dipajang di instagram hehehe.

Foto menghadap Gunung Baluran
Ga bisa dipungkiri, cuaca di sini super duper puanassss. Karena jarang ada pohon dan suasana nya emang kering kerontang. Ada bagian "savanah" yang dilarang untuk dimasuki. Karenaaaaa, katanya itu habitat ular kobra. Ada signage larangan yang jelas untuk bagian larangan tersebut. Wew.. Serem juga. Ga berani uji nyali ke tengah lapangan situ deh hehe.
Di sini ada cottage juga lho. Lebih ke arah villa kecil sih tepatnya. Kebetulan yang sewa villa baru datang, gue sempet tanya-tanya sedikit harga sewa di sini berapa.

Cottage
Cottage lain yang berdekatan
"Kurang tau, kak, kalau harga sewa 1 villa ini berapa. Karena kami langsung pesan 3 villa sekaligus untuk acara. 3 villa dihargai 2.5jt. Tapi lebih detailnya saya kurang tau juga sih hehe."
Hmm baiklah.. Walaupun ga dapat jawaban yang memuaskan, tapi cukup lah haha.
Di sini ada menara pandang untuk melihat Taman Nasional Baluran secara lebih leluasa. Sedikit jalan menanjak, dan sedikit naik tangga yang cukup terjal di menara pandang. Karena kemiringan tangga hampir 90 derajat. Lebih bisa dibilang tangga monyet sih.

Pemandangan menghadap Gunung Baluran dari menara pandang
Sesampainya di atas menara pandang, wah pemandangan yang unik. Kanan kiri depan belakang kering kerontang. Tapi anehnya, keringnya cuma di 1 sekitaran doank. Di area yang lebih jauh bisa terlihat hijau. Kurang paham juga kenapa bisa begitu haha. Di atas sini kita bisa lihat Gunung Baluran lebih jelas lagi. Cantik yah..

Pas turun dari menara pandang, berasa banget tenggorokan kering dan super haus. Tenang.. Di sini ada warung yang bisa memuaskan dahagamu haha

Warung di Baluran
Lebih tenang lagi, harga di sini ga digetok. Gue pesen Nutrisari jeruk peras seharga 3.000 doank dan itu serasa minum air Surga hahaha. Karena cuaca yang super panas, haus bangettt, dan minum es Nutrisari. Segerrr bugerrrr sembako gaul hehe..
Uda selesai menyegarkan tenggorokan, cuss deh ke Pantai Bama. Pantai Bama ini masih 1 area dengan Taman Nasional Baluran.

Beginilah kira-kira view di Pantai Bama. Pasir putih yang cukup halus dan diwarnai dengan pecahan-pecahan karang *gajadihalus*. Air laut yang cukup bersih juga, buat perasaan pengen nyebur ke sana haha.

Pantai Bama
Banyak pengunjung yang piknik di sini. Cumaaaaaa.. Harus berhati-hati sama monyet. Monyet di sini sangat banyak dan berkeliaran di sekitaran pantai. Orang-orang yang piknik di sini disibukkan sama monyet karena para monyet suka nyolong makanan mereka. Lucu ngeliatnya haha.
Ternyata di sini ada hutan mangrove juga. Sebelum explore pantainya, gue dan grup menyempatkan diri untuk masuk ke area hutan mangrove.

Lebat bangettt. Kanan kiri pohon mangrove yang ukurannya cukup besar.

Hutan Mangrove
Parno mulai muncul.. Karena takut ada buaya atau apa gitu muncul dari bawah sana hahaha. Karena ini kan asli bho..

Jembatan di dalam Hutan Mangrove
Tapi ternyata aman-aman aja kok. Di ujung jembatan diakhiri dengan pemandangan laut luas. Sempat bersantai ria dulu di sini. Foto-foto sedikit dan yaa ngobrol-ngobrol juga.

Ujung jembatan
Gue perhatiin ada banyak monyet yang gelantungan di pohon mangrove. Sambil ngeluarin suara ribut gitu. Entahlah mereka lagi apa. Dan ga sedikit monyet nyemplung ke air laut untuk nangkap ikan lho..

Setelah uda cukup lama bersantai di ujung jembatan dengan pemandangan laut lepas, gue dan rombongan balik ke tempat awal dan mulai jalan di pinggiran pantai.

Sekitar Pantai Bama
Pantai dengan banyak bebatuan hitam di pinggiran, jadi gatel pengen foto. Alhasil gue, Kak Rani, dan Kak Rita, beserta Mas Amoy tentunya, jadi foto-foto deh. Sempet cemplungin pergelangan kaki ke air laut dan hunting cari teripang. Banyak teripanggg!!

Cafetaria di Pantai Bama
Warung di Pantai Bama
Di sini ada warung juga lho. Jadi ga perlu khawatir tenggorokkan kering kerontang deh. Cuma sayangnya ga ada kelapa HIKS.
Fasilitas di sini cukup lengkap. Ada toilet bilas, mushola, warung makan, dll.

Selesai sudah bersenang-senang di pinggiran pantai. Perut uda mulai lapar lagi, jadi diputuskan untuk cari tempat makan. Lihat jam, itu sekitar jam 14:00. Jarak tempat makan tidak terlalu jauh dari gerbang masuk Taman Nasional Baluran. Sekitar 25 menit dari sana. Sampailah kami di rumah makan yang ga ada namanya.

Rumah makan setelah dari Baluran
Tapi sepertinya namanya adalah Warung Rawon Cak Pit. Kalau mau pesan menu makanan dari banner menu bisa. Selain itu bisa juga ambil makan ala prasmanan gitu. Gue lebih pilih ambil makanan di prasmanan, kayaknya berasa lebih seru aja gitu hehe.

Pilih menu di banner
Menu prasmanan
Gue akui rasanya lumayan lho. Dan harga tidak terlalu mahal (tergantung pesanan). Gue ambil telur dadar, lempeyek udang, dan sayur kacang panjang+tempe, seharga 20rb saja. Itu uda ambil nasinya sampe tumpeh-tumpeh..

Selesai makan, berlanjut perjalanan ke homestay. Tidak terlalu jauh. Gue pikir akan berlama-lama lagi nih di mobil. Ternyata hanya 30mnt, tiba-tiba sampeeeee..
Hotel Banyuwangi Beach. Ternyata ini hotel bintang melati toh..
Sebelum masuk ke kamar hotel, gue dan grup diajak Pak Soleh ke pantai belakang hotel.

Pantai belakang hotel
Kapal angkut menuju Pulau Bali
Ternyata di belakang sini merupakan pelabuhan menuju Bali lhooo! Bisa dilihat dari foto, di sebrang itu Pulau Bali!!

Di sebrang sana PULAU BALI!
Ya ampun tinggal sedikit lagi menuju Bali haha. Dan konon katanya, untuk menyebrang ke Bali dari sini, per orang dihargai Rp5.000,00. Murah bener yee. Beda harga kalo bawa mobil yah.
Karena kapal angkutnya cukup besar, bisa angkut mobil juga gitu lho. Gue sempet ngintip sedikit ke kapal angkutnya hehe. Coba seandainya waktu trip lebih lama.... Nyebrang dulu deh ke Bali hahaha.

Badan mulai terasa lelah. Berasa lengket sih lebih tepatnya. Uda seharian penuh belum mandi.. Kami mulai masuk ke area kamarnya.

Tampak depan kamar hotel
Dalam kamar hotel
Kamar tidak terlalu besar, tapi bisa diisi untuk 3 orang. Fasilitas sih cukup oke lah yah, ada TV, AC, dan ranjang bersih. Cuma jangan harap AC nya dingin, cukup adem aja. Dan jangan harap ada wifi juga hehe.
Setelah selesai mandi, kami dipanggil ke restoran di hotel ini. Makanan disajikan prasmanan.

Nah di sini ada yang jual sabun shampoo. Jadi buat kalian yang mau nginep di sini, ga perlu khawatir kalo lupa bawa sabun/shampoo. Karena di sini lengkap kap kap. Bahkan sampe kaos pun ada. Masuk kamar lagi sekitar jam 19:00. Kami disuruh tidur sama Mas Amoy. Karena jam 23:30 uda harus jalan lagi menuju kawasan Kawah Ijen.
Dari ga bisa tidur, sampe akhirnya ketiduran pules dengan sendirinya. Dan terbangun kaget tepat jam 23:00 karena alarm. Beberes dan uda siap berpakaian untuk cuaca yang super dingin.

23.45 jalan menuju Kawah Ijen dehhhh.. Jalanan sepi banget *iyalahya*.. Kami baru sampe di kawasan Kawah Ijen sekitar jam 00.45.

Minggu, 25 September 2016
Keadaan di sini sangat ramai pengunjung. Mas Amoy yang beli tiket aja sampe antri puanjanggg. Sambil nunggu, cewe-cewe sih mampir ke toilet dulu. Karena di atas ga ada toilet sama sekali. Kecuali toilet alam yah hehe. 01:15 kami mulai masuk ke Kawah Ijen. Mulai mendaki deh.
Hmm gue agak salah persepsi. Gue pikir Kawah Ijen itu kayak Kawah Putih di Bandung. Yang tinggal jalan sedikit sampe ke bagian kawahnya. Ternyata ini enggaaaa. Harus mendaki dulu sedikit-sedikitnya 3 jam untuk pemula. Walaahhh.. Untung gue rajin ngegym *sombong*, jadi ga terlalu kayak orang mau pingsan gitu. Jalanan gelap gulita, jadi sangat disarankan untuk bawa senter. Kalo ga ada senter yaa pake senter HP juga bisa kok. Trek nya cukup berat yah buat pemula. Karena jalanannya bener-bener nanjak terus. Ada yg terjal, dan ada yang terjal banget. Tipe tanahnya sedikit berpasir. Bukan berpasir yang licin mampus gitu sih. Ini tanah padat, tapi yaa ada tanah-tanah yang pecah jadi sedikit menyerupai pasir. Menurut Mas Amoy akan lebih baik kalo tanah ini basah, karena jadi ga licin. Terbalik yah haha..
"Jalan terus aja yah, mbak. Ikutin arus manusia aja. Ga akan nyasar kok. Kalo mba emang bisa lebih cepat, jalan duluan aja gapapa. Saya tungguin peserta lain yang ga bisa jalan cepat. Pokoknya nanti kalo uda lihat pos, berenti di situ. Tungguin saya. Dari pos ke puncak sekitar 2 km lagi."
Begitu menurut Mas Amoy. Jadi gue, Kak Rani, dan Kak Rita jalan duluan. Kak Ambar dan Mas Udin ditemani sama Mas Amoy di belakang. Kami baru sampe di pos yang dimaksud Mas Amoy sekitar jam 3:00. Berarti sekitar 2 jam lebih lah yah.. Di pos ini banyak banget orang yang beristirahat sambil duduk-duduk. Karena konon, kalo uda sampe pos ini, untuk mencapai puncak tinggal 1/3 nya lagi. Dikit lagi sampeeee! Di pos ini banyak banget orang yang sewain masker khusus. 1 masker disewakan dengan harga Rp25.000,00. Bau belerang di Kawah Ijen sangat menyengat. Jadi sangat amat disarankan untuk sewa masker ini. Mas-mas yang sewain masker hebat jualannya. Ga bisa ditawar coi. Padahal uda pake cara "tinggal". Tetep ga mempan, harganya tetep 25rb haha. Apa boleh buat...
Sekitar 200-300m dari pos, trek masih terjal menanjak. Setelah itu landai. Wah menyenangkan kaki pas uda ketemu jalanan yang landai hehe..

Gue sampai di puncak sekitar jam 3:45. Dari puncak uda mulai keliatan biru-biru di bawah sanaaaaa.. Uda banyak orang yang take in tempat buat dapat view kawah yang menawan. Tapi super banyak juga yang turun ke bawah kawah, agar bisa lihat BLUE FIRE lebih dekat.
"Udah sampe sini, harus turun, mba. Sayang.. Uda jauh-jauh datang ke sini masa cuma lihat dari jauh?"
Bener juga.. Jadi gue turun! Turunnya harus super hati-hati. Karena bebatuannya agak licin dan super terjal. Dan itu jauhhhhhh.. Jadi kaki belum bisa dimanjakan dengan beristirahat hikss. Dan yang turun super rame. Jadi harus antri kalo yang di bawah kita turunnya agak lama.
Nah nah.. Di sini kalian pasti akan berpapasan dengan orang tambang. Utamakan mereka jalan terlebih dahulu yah. Kalian minggir dulu aja kalo mereka mau lewat. Karena biasanya mereka lewat sambil memikul hasil tambang mereka = batu belerang. Yang mereka pikul bisa minimal 10-25kg tuh. Bahkan ada yang gue lihat pundak mereka sampai bengkok. Karena beban pikul yang sangat berat dan jalan yang dilalui terjal naik turun.. Becarefull guys.. Kalo ada bapak tambang yang mempromosikan belerang ke kalian, kalian harus siapin uang untuk mereka. Karena gue kena nih.

Bapak : Lihat nih, neng. Ini belerang asli. Hasil tambang saya. Sangat bagus buat kulit. Menyembuhkan penyakit kulit sangat bagus. *sambilkasihbatubelerang*
Gue : Oo yah? Kecil-kecil gini bagus, pak? *sambilambilbatubelerang*
Bapak : Iyah. Digosok aja ke bagian kulit yang lagi sakit. Atau dicemplungin gitu aja di bak mandi, pakai airnya untuk mandi. Bagus..
Gue : Wahh.. Mujarab banget yah, pak..
Bapak : Buat neng itu belerangnya..
Gue : Serius, pak? Walahh.. Makasih lho..
Bapak : Yaa kasih uang rokok aja deh, neng. *mengeluarkantampangsupermemelas*
Gue : Waduh.. Maaf, pak. Tangan saya lagi penuh dan repot pegang sana sini. Maaf banget, pak. Ga dulu yah... *sambilbalikinbatubelerang*
Bapak : *mukakecewa* *ambilbatubelerang*

Tangan gue emang lagi penuh. 1 pegang HP untuk penerangan, 1 lagi pegang kamera. Belum lagi harus pegangan kanan kiri biar ga kepleset jatuh. Jadi, kalo kalian ditawarin kayak gitu, kalo memang ga merepotkan yaa gapapa diladenin. Tapi kalo memang lagi kewalahan sendiri, mending dari awal ga usah diladenin. Karena nolak kasih uang ke bapaknya ga enak banget :( Mukanya itu lho.. Memelas sekali.. Jadi sedih hikksss... Apalagi kalo kalian tau cerita mengenaskan lainnya. Para orang-orang tambang ini dibayar sangat kecil. 1 kg batu belerang yang mereka jual, hanya laku seribu rupiah saja. Padahal ambilnya uda setengah mati, trek yang dilewati juga setengah mati. Jadi ga tega kan....

Well well.. Setelah melewati penurunan ke kawah yang cukup berat, sampailah di dekat BLUE FIRE! Waktu menunjukkan pukul 4:30. BLUE FIRE uda keliatan sangat jelassss!!! Gue buru-buru cari spot untuk bisa ambil moment BLUE FIRE dan mengabadikannya di foto. Jangan lupa pakai masker. Karena di area kawah ini bau belerangnya sangat menyengat.

Blue fire di kawah
Fenomena Blue Fire
BLUE FIRE ini akan keliatan sampai matahari belum terbit.. Sebenarnya dalam keadaan terang pun si api ini terus menyembur keluar. Tapi kalo uda terang kan si apinya jadi ga keliatan. Paling bagus dilihat dalam keadaan gelap.
Betah lho di sini. Seru banget ambil foto BLUE FIRE haha. Ga terasa tiba-tiba matahari nongol. Terang deh suasana di sini.

Blue fire pads saat keadaan sudah terang
Beginilah BLUE FIRE dalam keadaan terang. Apinya jadi terlihat agak merah.
Dalam keadaan gelap mata dimanjakan dengan fenomena BLUE FIRE. Dalam keadaan terang, mata sangat dimanjakan dengan view Kawah Ijen yang begitu indah.

Kawah Ijen
Rasanya cape mendaki terbayar sudah. Kanan kiri kayak semacam tebing *yaiyalahkawahgununggitu*. Tapi view nya bener-bener cakep! Semua harus dilihat dengan mata kepala sendiri. Karena foto cuma bisa mewakili. Aslinya bener-bener harus lihat sendiri. Karena lebih bagus dilihat dengan mata telanjang.

Jalur turun untuk melihat BLUE FIRE lebih dekat
Penyiksaan selama kurang lebih 3.5 jam sangat terbayar. Saat keadaan uda terang, melihat keindahan kawah ijen, sangat menyejukkan hati. Sesudah puas bengong di kawah, keadaan bener-bener uda terang sekitar jam 6:00, gue dan Mas Amoy kembali naik ke bibir gunung. Kerjaan banget. Turunnya aja uda nyiksa, naiknya lebih nyiksa lagi coi hahaha. Tapi karena lingkungan sekitar uda keliatan jelas, kalo cape nanjak langsung lihat ke kiri, view nya mantepppp.. Jadi pemicu semangat buat nanjak.

View di puncak (bibir kawah)
Sesampainya di atas langsung disamperin sama Mas yang ga dikenal?

Mas : Ari yah, mba?

Gue : Hah? Saya marsha, mas.
Mas : Tadi mba nya sewa masker kan? Ari kan? Mau diambil. Rombongan mba yang lain mana yah?

Ohh! Ya ampun! Gue baru sadar kalo di depan masker dikasih nama ARI. Jadi ketawa sendiri. Gue pikir Mas nya gila sebut nama gue Ari. Jelas-jelas gue cewe. Ternyata salah paham. Gue yang gila..

Ready buat turunnnn.. Gue sempet kepisah sama rombongan gue, tersisa gue dan Mas Amoy doank. Pas perjalanan turun, baru deh ngumpul lagi ama rombongan. Dan tibalah lagi kami di pos tempat pertemuan waktu menanjak tadi.

Warung pos
Dalamnya warung
Ternyata kalo uda pagi begini pos nya jualan makanan. Waaa langsung berebutan beli pisang goreng deh. Dan ga lupa teh hangat, karena cuaca yang dingin. Uda cas tenaga sedikit, lanjut turun lagi deh.
Oo iyah.. Di sini ada yang jual batu belerang yang dijadikan souvenir. Bentuknya lucu-lucu, karena dicetak gitu.

Souvenir battu belerang
Ada yang bentuk kura-kura, kelinci, bunga, dll. 1 batu belerang ini dijual seharga Rp5.000,00. Karena ga suka bau belerang, ga tertarik beli deh.. Lanjut turunnnn..

Mantep nih. Di trek yang landai, kita akan bertemu dengan view iniiiiiii......

Gunung Meranti
Spot ini langsung rame sama orang-orang yang berfoto. Cantik bangetttt.. Buat suasana hati semakin adem. Gunung ini adalah Gunung Meranti. Dan di belakangnya adalah Gunung Raung.

Gunung Raung
Ini moment yang jarang juga nih. Ada awan yang pas banget jadi kayak kapas di puncak Gunung Meranti. So beautiful.. Ditambah dengan view sekitaran bawah gunung adalah hutan yang lagi berkabut gitu. Waaaa bikin ga mau pulang. Betah ngelamun lama-lama di sini.
Selesai puas foto, ngelamun, bengong, kami siap turun menjalani jalanan yang terjal. Saking terjalnya, kaki sampe pegel nahan badan. Karena jalanannya turunnnn terus. Uda bener-bener ga ada jalan yang landai.
Buat yang bener-bener uda ga ada tenaga buat turun, tenang... Ada taxi di sini hahaha. Dari puncak uda ada yang nawarin sih. Tapi biasanya orang-orang baru naik "taxi" setelah dari pos ini. Untuk turun ke bawah harganya sekitaran Rp250.000,00. Tergantung tawar menawarnya gimana sih.

"Taxi" gunung
Somehow gue ngeliatnya agak ngeri tapi lucu juga. Karena kayak bawa gerobak dan sambil  harap-harap cemas ga ngejelonjong ke bawah.

"Taxi" gunung lagi bawa penumpang
Kalo di belakang lo ada "taxi" ini, udah deh mending buru-buru minggir aja hahaha. Karena takut malah ketabrak dan ngegelinding ke bawah hahaha.
Pas berangkat mau nanjak ke atas, sebenarnya ada juga yang nawarin "taxi". Harga yang ditawarkan cukup mahal, sekitar Rp600.000,00. Tapi dipikir-pikir wajar juga mereka mengeluarkan harga segitu. Karena nanjak sendiri aja uda super cape, apalagi harus bawa penumpang??

Agak lupa sampai di bawah jam berapa. Kalo ga salah sih sekitar jam 9:00. Turun otomatis lebih cepat lah yah daripada naik haha.

Foto di gerbang penanjakan
Kami menyempatkan foto sebentar di depan gerbang penanjakan.
Eh.. Di sini bias camping juga lho. Tapi camping nya di bawah, dekat dengan gerbang penanjakan. Dilarang camping di puncak karena bau belerang yang menyengat.

Sepertinya ini tempat penyewaan alat camping
Camping di lapangan luas dekat gerbang penanjakkan
Menurut Mas Amoy sih yang camping di sini pada bawa peralatan sendiri. Ga ada penyewaan. Tapi, gue sempet lihat ada 1 gedung yang sepertinya menyediakan jasa penyewaan tenda gitu deh. Soalnya tenda-tenda nya dijejerin di depan tenda itu.
Kurang tau sih kesotoyan gue ini bener apa ga. Pas gw mau masuk, ternyata tutup. Jadi ga tau kebenarannya. Yaa kalo mau aman bawa tenda sendiri aja deh haha.

Hahhhh.. Sampe mobil juga. Duduk di mobil serasa surga hahaha. Karena waktu masih cukup panjang untuk pulang, jadi Mas Amoy ajak kami berendam air hangat dulu di sekitaran sini. Seriously?? MAU BANGET!!

Mas Amoy cerita, tadinya kami mau diajak nginep di homestay sekitaran sini. Tapi karena full booked, apa daya... Cukup unik sih. Rumah-rumah di sini kayak di FTV gitu. Kecil dan padat.

Sebelum berendam, gue dan Kak Rani diajak untuk lihat air terjun di sini. Yang lain uda give up untuk diajak jalan lagi. Kaki uda ga kuat katanya hahaha.

Air terjun Blawan
Air terjun ini namanya Air Terjun Blawan. Dinding bebatuan di belakang air terjun sampai berwarna coklat, karena air di sini sudah tercampur dengan air belerang.

Dinding air terjun sampai berwarna coklat
Well.. Cukup segar berada di sekitaran air terjun ini. Tapi sayangnya ga bisa nyemplung karena kita berada di tengah-tengahnya.

Sesudah liat air terjun, saatnya berendaaaaamm. Di sini memang tempat permandian air belerang.

Tempat permandian air panas
Waktu gue datang ada 2 orang yang lagi berendem dan keliatannya mereka lagi sakit kulit. Karena air belerang memang bagus untuk menyembuhkan sakit kulit. Gue ga berencana berendem seluruh badan, jadi cuma sampe lutut doank.

Kolam tempat berendam
Wahh enak banget coiiiii.. Beban berasa copot dari kaki. Di sini ada warung juga, gue tergoda untuk pesan mie goreng. Alhasil berendem kaki sambil makan mie goreng hahaha. Mak nyuzzz!

Kira-kira kami berendam sekitar 20 menit. Enaknyoooooo.. Lap-lap sedikit, lanjut jalan pulang dehhh. Perjalanan pulang yang lama mau ga mau kami lewati. Eh iya.. Sebelum pulang menuju stasiun, kami sempat mampir ke pom bensin yang di hari pertama sempat kami datangi. Biasa, mampir buat mandi hehe. Selesai mandi, nyantai sebentar, cari makan cemilan dan beli minuman untuk stock di kereta. Setelah siap semuanya, cussss berangkat ke stasiun. Sekitar jam 14:00 kami jalan dari pom bensin.

Karena kelelahan yang amat super sangat kami rasakan, sebagian besar perjalanan kami lewati dengan tidur (lagi). Kami baru sampai di stasiun sekitar jam 19:30, 5.5 jam di perjalanan (lagi). Sementara Mas Amoy print tiket kereta, gue dan Kak Rani sempat mampir di soto daging sapi Madura, tempatnya berada di dekat mushola stasiun.

Makan malam
Makan soto ayam (lagi). Lagi ngidam soto melulu di sana. 1 soto + nasi + teh hangat + 2 kerupuk seharga 18rb. Hmm ada 1 hal yang gue lupa. Di Surabaya, kalau mau pesen teh tawar, sebutnya harus lengkap = teh tawar. Karena niatan gue mau minum teh tawar, tapi gue pesannya, "Teh hangat 1 yah, bu.." Yang sampe yaa teh manis hangat hahaha..

Sambil menunggu jam 21:00, kami ngobrol-ngobrol dulu di warung tersebut sambil nonton moto GP. Dan finally jam 21:00 tengg tengg tengg.. Kami berangkat pulanggg..

Dasarnya uda cape, jadi tidur dengan bermacam gaya uda sebodo amat. Kaki melintang ke kanan dan kiri juga sebodo amat.

Senin, 26 September 2016

Jam 9:00 kami sampai di Stasiun Pasar Senen. Welcome back to Jakarta. Perpisahan dengan yang lain, dan gue cus balik ke Tangerang. Dari Stasiun Pasar Senen ke Tangerang tinggal ikutin signage Stasiun Duri. Menuju ke jalur 6. Sesampainya di Stasiun Duri di jalur 1. Di stasiun ini harus transit, pindah ke kereta di jalur 3 (menuju Stasiun Tangerang). Berhenti di Stasiun Batu Ceper deh. Di Batu Ceper kita akan tiba di jalur 1. Done. Naik Gojek. Bhayyy dehh..

Sekian cerita perjalanan gue di trip Kawah Ijen. Perjalanannya super duper melelahkan. Karena memang lama di jalan. Ga ada jalan lebih pintas. Yaa ada sih, kalo mau ga terlalu cape, naik pesawat haha.
Tapi beneran, semua kelelahan yang dirasa sangat terbayar dengan pemandangan yang luar biasa.
Balik lagi, semua puji dan syukur gue naikkan untuk Tuhan Yesus. Karena trip gue kali ini diberikan cuaca dan moment yang terbaik. Diberikan juga teman-teman trip yang asik. Padahal tadinya gue uda ketakutan sendiri mengambil keputusan untuk join open trip ini sendirian.

Perpisahan sama Pak Soleh dan Mas Amoy
Maaci buat Pak Soleh. Yang selalu ngelawak dan lawakannya berhasil! hahaha.. Thanks juga buat Mas Amoy, sang tourleader yayah. Buat kalian yang mau trip bareng Mas Amoy bisa cek ig nya @travelink_cafe. Atau bisa contact ke nomornya di 081318723881.
Semoga sharingnya bisa membantu...